Pendampingan Penyuluh Pertanian Menuju Petani Kabupaten Kupang Mandiri

Para penyuluh pertanian di Kabupaten Kupang, Provinsi NTT saat bersama Bupati Kupang, Korinus Masneno.
banner 468x60

“Peran petugas penyuluh pertanian sangat besar. Hal itu dirasakan para petani di Kabupaten Kupang yang selalu mendapat pendampingan petugas penyuluh dalam pembangunan pertanian,”kata Bupati Korinus Masneno

PENDAMPINGAN-  di sektor pertanian secara umum merupakan aktivitas penyuluhan yang dilakukan secara terus-menerus pada masyarakat dalam kegiatan pengembangan program pertanian.

Read More
banner 300250

Aktivitas ini, tidak lain untuk meningkatkan keberhasilan dan keberlanjutan pengembangan produksi pertanian serta keberdayaan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani.

Pendampingan menjadi sangat penting, karena dengan hadirnya para pendamping dalam kehidupan petani, hal ini dapat menjadi tempat bertanya para petani, sekiranya ada masalah yang perlu ditangani dengan segera.

Pendamping diharapkan mampu memberi pencerahan kepada para petani beserta keluarganya, tentang bagaimana menjadi petani yang berkualitas.

Suka atau pun tidak, harus diakui, selama ini yang menjadi pendamping dalam keseharian bagi kaum petani adalah penyuluh pertanian.

Para penyuluh ini hadir di tengah-tengah petani dengan tujuan jangka pendek untuk mengubah perilaku petani ke arah yang lebih baik dan tujuan jangka panjang adalah untuk meningkatkan kesejahteraan petani beserta keluarganya.

Lewat penyuluh pertanian, semua ingin agar sikap, tindakan, dan pengetahuan para petani dapat responsif terhadap inovasi dan perkembangan teknologi baru.

Posisi penyuluh pertanian yang selama ini diberi kehormatan dan tanggung jawab untuk mendidik para petani dalam upaya meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian setinggi-tingginya menuju swasembada, tentu saja menjadi sangat strategis dan cukup menentukan dalam menggapai tujuan pembangunan pertanian secara keseluruhan.

Selain itu, penyuluh pertanian pun dititipi amanah untuk dapat sesegera mungkin meningkatkan derajat kesejahteraan petani dan keluarganya.

Bupati Kupang Korinus Masneno mengakui tentang pentingnya Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) karena memiliki kontribusi besar dalam percepatan pembangunan sektor pertanian.

“Peran petugas penyuluh pertanian sangat besar. Hal itu dirasakan para petani di Kabupaten Kupang yang selalu mendapat pendampingan petugas penyuluh dalam pembangunan pertanian,”kata Bupati Korinus Masneno terkait peran petugas penyuluh pertanian dalam pembangunan sektor pertanian.

Ia mengatakan peran para penyuluh menjadi garda terdepan dalam membangun sektor pertanian sehingga pembangunan pertanian di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Oecusse Timor Leste itu terus menggeliat.

“Peran penyuluh dalam mensukseskan kegiatan pertanian sangat penting dan jadi nafas petani di Kabupaten Kupang,” kata Bupati Korinus Masneno.

Bupati Kupang Korinus Masneno memberi apresiasi kepada Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kupang, Amin Juariah bersama para koordinator PPL atas kerja kerasnya membantu masyarakat dalam bidang pertanian.

Bupati Kupang Korinus Masneno saat melakukan panen perdana padi di Kecamatan Kupang Tengah beberapa waktu lalu
Bupati Kupang Korinus Masneno saat melakukan panen perdana padi di Kecamatan Kupang Tengah beberapa waktu lalu.

“Kami merasa bahwa para PPL adalah napas kehidupan dari para petani karena selalu berada di tengah para petani,” kata Korinus Masneno.

Ia mengatakan tanpa penyuluh para petani mengalami kesulitan baik dalam menerapkan teknologi pertanian, salah dalam pilihan bibit yang tepat maupun semua hal teknis pertanian lainnya.

Dia juga berharap para petugas PPL di Kabupaten Kupang untuk terus meningkatkan kapasitas pengetahuan sebelum memperkuat orang lain.

Bupati Korinus Masneno juga berharap agar para PPL lebih banyak mendorong petani-petani muda atau petani-petani milenial buat eksperimen mulai dari menanam sampai saatnya memanen sehingga petani di Kabupaten Kupang semakin profesional dalam bidang pembangunan pertanian sesuai kemajuan teknologi bidang pertanian.

“PPL harus didorong untuk menjadi kuat. Jika PPL kuat maka petani dan Bupati pun juga kuat. Sukses kalian, suksesnya saya, Kadis dan Petani. Gagal kalian adalah gagalnya saya, Kadis juga Petani. Mata terdepan Pemkab Kupang dalam membangun pertanian ada di tenaga PPL. Bekerjalah dengan kesungguhan hati. Dorong Petani jadi lebih baik,” kata Bupati Masneno.

Gestianus Sino PPL asal Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah mengakui pernah diundang Metro TV dalam program acara Kick Andy.

Sebagai Ketua Koordinator wilayah untuk Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian di Provinsi NTT. Baginya, tugasnya Petani milenial adalah bergerak cepat dan maju dimanapun berada.

“Prestasi itu hanya pintu masuk untuk lebih baik lagi. Paling penting bagaimana kita konsisten jadi Petani dan beri motivasi kepada teman-teman untuk kemajuan pertanian”, pungkasnya.

Beni Runesi perwakilan para petani dalam kegiatan natal bersama penyuluh pertanian di Tesbatan 12 Januari 2023 lalu menyampaikan sangat terbantu atas bimbingan dari petugas teknis PPL.

Beni yang juga Ketua Kelompok Tani Manekat dari Kelurahan Nonbes mewakili 113 kelompok Tani di Kecamatan Amarasi merasa menikmati sukacita sesama petani setelah adanya Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Tesbatan di Kecamatan Amarasi.

“Dari 23 Kecamatan di Kabupaten Kupang, Pemkab Kupang dalam hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Kupang masih melihat kami petani di Kecamatan Amarasi. Terimakasih kepada pemerintah baik dari pusat sampai desa yang sudah berikan gedung megah ini bagi kami petani di Amarasi,” ujarnya.

Posisi penyuluh pertanian yang selama ini diberi kehormatan dan tanggung jawab untuk mendidik para petani dalam upaya meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian setinggi-tingginya menuju swasembada, tentu saja menjadi sangat strategis dan cukup menentukan dalam menggapai tujuan pembangunan pertanian secara keseluruhan di Kabupaten Kupang. (Sridin)

 

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *