Mediasi NTT https://www.mediasintt.com www.mediasintt.com Tue, 16 Apr 2024 14:16:08 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=6.5.2 Pengamat : PPP Membelot Ke Kubu Prabowo Sudah Tercium Sejak Lama https://www.mediasintt.com/2024/04/16/pengamat-ppp-membelot-ke-kubu-prabowo-sudah-tercium-sejak-lama/ https://www.mediasintt.com/2024/04/16/pengamat-ppp-membelot-ke-kubu-prabowo-sudah-tercium-sejak-lama/#respond Tue, 16 Apr 2024 14:16:08 +0000 https://www.mediasintt.com/?p=3088

“Rohmarumuzi mengatakan bahwa peluang PPP bergabung dengan Prabowo-Gibran itu lebih positif daripada di luar pemerintahan karena partai kecil jadi oposisi enggak ada yang ndengerin (mendengarkan),” kata Igor.

JAKARTA, MEDIASI NTT.COM – Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara menyebutkan gerak-gerik Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang ingin membelot ke kubu Prabowo-Gibran sudah tercium sejak lama.

“Memang dari awal PPP pasti bergabung atau ingin bergabung potensinya besar, hampir 90 persen untuk melanjutkan apa yang sudah dirintis Prabowo,” kata Igor di Jakarta, Selasa.

Igor menjelaskan gerak-gerik itu telah terlihat ketika mantan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno melakukan halalbihalal ke rumah Prabowo Subianto di Hambalang pada Kamis (11/4).

Menurut Igor seperti dilansir Antaranews kunjungan itu merupakan salah satu gestur politik yang ditunjukkan Sandiaga sebagai tanda ingin masuk ke kubu Prabowo-Gibran.

Gestur kedua, yakni pernyataan yang dilontarkan Ketua Majelis Pertimbangan PPP Romahurmuziy tentang kemungkinan besar partai berlambang Ka’bah itu masuk ke koalisi pemerintah.

“Rohmarumuzi mengatakan bahwa peluang PPP bergabung dengan Prabowo-Gibran itu lebih positif daripada di luar pemerintahan karena partai kecil jadi oposisi enggak ada yang ndengerin (mendengarkan),” kata Igor.

Paling terbaru, yakni kedatangan Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Mardiono pada acara halalbihalal yang digelar DPP Partai Golkar di Jakarta, Senin (15/4).

Igor mengatakan masuknya PPP ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) merupakan tambahan tenaga baru bagi Prabowo-Gibran dalam menjalankan pemerintahan.

Dengan banyak dukungan partai politik untuk Prabowo-Gibran, ia yakin seluruh program yang dicanangkan untuk kemakmuran rakyat akan berjalan secara maksimal.

Kini, tambah Igor, internal partai KIM tinggal merancang ulang pembagian tugas untuk mendukung Prabowo-Gibran jika PPP resmi bergabung.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menggelar acara halalbihalal yang didatangi seluruh elite partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin (15/4). Dalam acara itu, Plt. Ketua Umum PPP Mardiono juga terlihat hadir.

Dalam acara tersebut, Airlangga menyatakan bahwa acara halalbihalal DPP Partai Golkar merupakan momentum rekonsiliasi partai politik usai Pemilu 2024.

“Momentum ini juga rekonsiliasi bagi partai-partai politik, terutama bagi partai yang mendukung Prabowo dan Gibran. Bagi yang belum, ya, kami terbuka,” kata Airlangga.

Airlangga mengemukakan bahwa PPP merupakan parpol yang pernah membangun Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Golkar dan PAN.

“Ini alasannya Pak Mardiono hadir. Karena kami sudah 2 tahun bersama, hanya ujungnya aja berpisah sedikit. Akan tetapi, sesudah 14 Februari, janji semua bergabung kembali,” ungkap Airlangga. (*)

]]>
https://www.mediasintt.com/2024/04/16/pengamat-ppp-membelot-ke-kubu-prabowo-sudah-tercium-sejak-lama/feed/ 0
Seorang Wanita Di Kupang Menjadi Korban Tindakan Asusila Lettu CKM drg. Agam https://www.mediasintt.com/2024/04/16/seorang-wanita-di-kupang-menjadi-korban-tindakan-asusila-lettu-ckm-drg-agam/ https://www.mediasintt.com/2024/04/16/seorang-wanita-di-kupang-menjadi-korban-tindakan-asusila-lettu-ckm-drg-agam/#respond Tue, 16 Apr 2024 13:20:16 +0000 https://www.mediasintt.com/?p=3083

“Adapun tindak lanjut dari laporan tersebut sudah kami lakukan penyelidikan dan penyidikan sampai sudah kami kirimkan berkas perkara tersebut ke Otmil Militer di Kupang, menunggu jadwal sidang,” kata Kolonel CPM Unggul Wahyudi

DENPASAR, MEDIASI NTT.COM – Komandan Polisi Militer IX/Udayana Kolonel CPM Unggul Wahyudi mengatakan Kodam IX Udayana pernah menerima laporan tentang tindak asusila oleh Lettu Agam terhadap seorang wanita berinisial N di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Adapun tindak lanjut dari laporan tersebut sudah kami lakukan penyelidikan dan penyidikan sampai sudah kami kirimkan berkas perkara tersebut ke Otmil Militer di Kupang, menunggu jadwal sidang,” kata Kolonel CPM Unggul Wahyudi di Denpasar, Senin, terkait penanganan kasus dugaan asusila yang melilit Lettu CKM drg. Malik Hanro Agam.

Sementara itu menurut dia penanganan kasus dugaan perselingkuhan yang melibatkan Lettu CKM drg. Malik Hanro Agam dari satuan Kesdam IX/Udayana dengan perempuan berinisial BA yang dilaporkan sang istri Anandira Puspita (34) masih dalam penanganan Pengadilan Polisi Militer Udayana.

Komandan Polisi Militer IX/Udayana Kolonel CPM Unggul Wahyudi seperti dilansir Antaranews menyatakan Pengadilan Militer Udayana akan melanjutkan penanganan perkara tersebut jika pihak Anandira Puspita memiliki alat bukti lain yang bisa membuktikan adanya dugaan tindakan perselingkuhan sang suami Lettu Agam dengan BA.

Kodam IX/Udayana menyebutkan dugaan perselingkuhan anggota TNI dari satuan Kesdam IX/Udayana Lettu CKM drg. Malik Hanro Agam dengan perempuan berinisial BA yang dilaporkan sang istri Anandira Puspita (34) belum memenuhi alat bukti yang cukup.

Komandan Polisi Militer IX/Udayana Kolonel CPM Unggul Wahyudi mengatakan Pengadilan Militer Udayana akan melanjutkan penanganan perkara tersebut jika pihak Anandira Puspita memiliki alat bukti lain yang bisa membuktikan adanya dugaan tindakan perselingkuhan sang suami Lettu Agam dengan BA.

“Barang bukti yang diserahkan kepada Pomdan IX/Udayana itu hanya berupa photobox dan chat-chatan saja. Itu tidak bisa lanjutkan ke tingkat penyidikan. Kami akan tindak lanjuti apabila dari pihak AP ada barang bukti atau bukti yang lain bisa diserahkan kepada kami,” kata Kolonel CPM Wahyudi.

Menurut Wahyudi, laporan tersebut tidak bisa dilanjutkan karena tidak penuhi unsur tindak pidana merusak kesopanan di depan umum sebagaimana yang disampaikan oleh AP terhadap BA.

Dalam kasus tersebut, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap laporan yang disampaikan oleh AP dengan melakukan pemanggilan terhadap pihak-pihak yang diduga masuk dalam perkara tersebut, termasuk BA.

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap saksi-saksi, hubungan antara Lettu Agam dan BA sebatas pertemanan biasa. Menurut dia, keduanya sudah berteman sejak 2010.

Lettu Agam sendiri, kata Wahyudi, sudah dinonaktifkan dari tugasnya karena beberapa kali terlibat kasus.

Pada tahun 2021 Lettu Agam pernah melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Dalam kasus tersebut, Lettu Agam divonis 8 bulan penjara oleh Pengadilan Militer III-14 Denpasar karena terbukti melakukan kekerasan psikis dan penelantaran di lingkungan keluarga, tanpa dipecat dari kedinasannya sebagai anggota TNI. (*)

]]>
https://www.mediasintt.com/2024/04/16/seorang-wanita-di-kupang-menjadi-korban-tindakan-asusila-lettu-ckm-drg-agam/feed/ 0
Demokrat Kabupaten Kupang Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah Terbuka Buat Masyarakat https://www.mediasintt.com/2024/04/16/demokrat-kabupaten-kupang-buka-pendaftaran-calon-kepala-daerah-terbuka-buat-masyarakat/ https://www.mediasintt.com/2024/04/16/demokrat-kabupaten-kupang-buka-pendaftaran-calon-kepala-daerah-terbuka-buat-masyarakat/#respond Tue, 16 Apr 2024 11:40:56 +0000 https://www.mediasintt.com/?p=3080

“Kami mengajak semua putra-putri terbaik kabupaten Kupang untuk bergabung bersama partai Demokrat dalam kontestasi Pilkada kabupaten Kupang 2024 mendatang,” kata Winston Rondo.

KUPANG, MEDIASI NTT.COM – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Kupang mulai membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah bupati dan wakil bupati Kupang yang maju dalam pilkada 2024 terbuka bagi masyarakat daerah itu.

Pendaftaran dan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Kupang yang dilakukan DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang mulai berlangsung 15 – 22 April 2024 terbuka buat masyarakat Kabupaten Kupang.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Winston Rondo yang ditemui di Rumah Demokrat di Kelurahan Naibonat, Kecamatan Kupang Timur, mengatakan DPD Demokrat NTT sudah meluncurkan penjaringan dan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati untuk bertarung pada Pilkada Kabupaten Kupang 2024.

“Kami mengajak semua putra-putri terbaik kabupaten Kupang untuk bergabung bersama partai Demokrat dalam kontestasi Pilkada kabupaten Kupang 2024 mendatang,” kata Winston Rondo.

Menurut dia merupakan partai terbuka dan transparan sehingga semua bakal calon bupati dan wakil bupati untuk mendaftar di partai Demokrat.

Dikatakannya dalam perhelatan pilkada 2024 Partai Demokrat harus berkoalisi dengan partai-partai lain, sehingga komunikasi politik harus mulai dibangun oleh para kandidat yang nantinya mendaftar di Partai Demokrat.

“Kandidat harus membangun komunikasi politik dengan partai lain sehingga dapat memenuhi syarat minimum, karena waktu pendaftaran ini sangat terbatas hanya satu minggu. Kami juga sudah informasikan secara tertulis agar bisa diisi termasuk menyiapkan dokumen-dokumen sesuai syaratnya,” kata mantan anggota DPRD NTT itu.

Untuk seluruh tahapan dan proses pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Kabupaten Kupang tentunya harus melalui DPC karena pihaknya paling tahu pergumulan kabupaten Kupang sehingga hal itu harus dihormati oleh para kandidat

Dia menjelaskan saat ini sudah lima paket kandidat bacabup dan bacawabup yang dipastikan akan mendaftar melalui Partai Demokrat tentu pihaknya menyambut dengan senang hati karena Partai Demokrat mendapat tempat di hati para kader putra-putri terbaik kabupaten Kupang yang ingin berlaga di pilkada pada November 2024.

Partai Demokrat Kabupaten Kupang telah membentuk Satgas Pilkada dipimpin Benjamin P. Mamo dan Elfrits Sane yang selalu siaga menerima pedaftaran para bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Kupang. (ben)

]]>
https://www.mediasintt.com/2024/04/16/demokrat-kabupaten-kupang-buka-pendaftaran-calon-kepala-daerah-terbuka-buat-masyarakat/feed/ 0
BPK RI Mulai Melakukan Pemeriksaan Pengelolaan Keuangan Pemkab Kupang 2023 https://www.mediasintt.com/2024/04/16/bpk-ri-mulai-melakukan-pemeriksaan-pengelolaan-keuangan-pemkab-kupang-2023/ https://www.mediasintt.com/2024/04/16/bpk-ri-mulai-melakukan-pemeriksaan-pengelolaan-keuangan-pemkab-kupang-2023/#respond Tue, 16 Apr 2024 10:56:42 +0000 https://www.mediasintt.com/?p=3076 KUPANG, MEDIASI NTT.COM- Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan NTT mulai melakukan pemeriksaan terhadap laporan pengelolaan keuangan dilakukan Pemerintah Kabupaten Kupang TA 2023.

Pemeriksaan keuangan Pemerintah Kabupaten Kupang itu dilakukan BPK RI Perwakilan Nusa Tenggara Timur mulai berlangsung 16 April hingga 8 Mei 2024 yang diawali dilakukan pertemuan BPK-RI dengan Pemerintah Kabupaten Kupang sebagai awal dari pemeriksaan atas LKPD T.A.2023 di Oelamasi, Selasa (16/4/2024).

Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba hadir langsung dalam kegiatan ini, didampingi Plt.Sekda Mesak Elfeto, Asisten 3 Novita Foenay, Plt.Asisten 1 Juhardi Selan, Pimpinan OPD, serta Tim pemeriksa dari BPK RI perwakilan NTT yang diketuai Sofia Budiwati.

Pj.Bupati Kupang Alexon Lumba pada kesempatan itu berharap para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kupang untuk bersikap aktif dan mengikuti proses pemeriksaan BPK secara baik.

Ia mengingatkan para pimpinan OPD lingkup Pemkab Kupang untuk membangun koordinasi dan membantu tim pemeriksa dengan memberikan data dan hal-hal lain yang diminta.

“Bapak/ibu pimpinan OPD agar cepat respon dan tanggap terhadap apapun yang diminta oleh tim pemeriksa. Mengingat ada konsekwensi dari tenggang waktu pemeriksaan,” kata Alexon Lumba.

Alexon Lumba juga berharap semua pimpinan OPD bekerja keras dan berkolaborasi sehingga opini WTP yang dimiliki oleh Pemkab Kupang pada 2023 dapat di pertahankan saat ini.

“Hargai waktu yang sudah ditetapkan oleh BPK dan apa yang sudah diperoleh oleh pemimpin kita terdahulu, dengan perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan harus kita pertahankan. Jangan di masa saya yang hanya satu tahun, grade menurun,” kata dia.

Selain itu, ia inginkan penataan dan pembenahan aset dilakukan terus menerus dan hal-hal lain yang bersifat administrasi, Alexon Lumba pesankan agar segera dilengkapi.

Pada kesempatan itu Ketua Tim Pemeriksa BPK RI Perwakilan NTT, Sofia Budiwati menyebutkan tujuan dan sasaran pemeriksaan, serta tindak lanjut hasil pemeriksaan dan hal lainnya yang berhubungan dengan pemeriksaan LKPD Tahun 2023 pada Pemkab Kupang.

Dia berharap peran aktif dan dukungan semua OPD sehingga pemeriksaan BPK di Lingkup Pemkab Kupang bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Kami melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan yang berlaku dan bapa dan ibu mempunyai kewajiban memenuhi kebutuhan pendataan yang diperlukan guna mendapatkan hasil pemeriksaan yang baik,” ungkapnya. (ben)

]]>
https://www.mediasintt.com/2024/04/16/bpk-ri-mulai-melakukan-pemeriksaan-pengelolaan-keuangan-pemkab-kupang-2023/feed/ 0
Penjabat Bupati Kupang Sidak OPD Untuk Pastikan Pegawai Bekerja Usai Libur https://www.mediasintt.com/2024/04/16/penjabat-bupati-kupang-sidak-opd-untuk-pastikan-pegawai-bekerja-usai-libur/ https://www.mediasintt.com/2024/04/16/penjabat-bupati-kupang-sidak-opd-untuk-pastikan-pegawai-bekerja-usai-libur/#respond Tue, 16 Apr 2024 10:29:29 +0000 https://www.mediasintt.com/?p=3073

“Saya akan kembali melakukan sidak dan pengecekan kedisplinan pegawai secara rutin, melihat absensi dari para pegawai yang belum masuk, dan juga harus lebih diperhatikan lagi untuk kebersihan lingkungan kantor,” kata Pj. Bupati Kupang Alexon Lumba.

KUPANG, MEDIASI NTT.COM- Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke organisasi perangkat daerh (OPD) guna memastika pegawai di wilayah setempat masuk bekerja usai liburan lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Sidak ini dilakukan untuk memastikan apakah pegawai sudah masuk kerja atau belum usia liburan panjang,” kata Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba seperti dalam keterangan tertulis Bagian Prokopim Setda Kabupaten Kupang yang diterima, Selasa.

Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba yang didampingi Plt. Sekda Kabupaten Kupang Mesak Soleman Elfeto, Asisten Administrasi Umum Setda Kab. Kupang Novita Foenay, Kasat Pol PP Richard Benu mengunjungi beberapa OPD Lingkup Pemkab Kupang di antaranya Bagian-Bagian pada Sekretariat Daerah, Dinas PUPR, BPKAD dan BKPSDM Kabupaten Kupang.

Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba juga melihat dan meninjau setiap ruangan impinan OPD dan staf, baik kebersihan dan juga tingkat kehadiran ASN di hari pertama masuk kantor setelah liburan panjang.

Kepada pegawai yang masuk kantor tepat waktu dia mengucapkan terima kasih dan berharap terus mempertahankan kedisiplinan.

“Terus pertahankan kedisiplinan yang ada dan memberikan kinerja terbaik bagi daerah kita,” kata Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba.

Terhadap pegawai yang masih terlambat dan didapati masih ijin dia minta untuk didata dan diberikan peringatan sehingga budaya kerja yang baik dan disiplin tetap dilaksanakan oleh para ASN di kabupaten itu.

“Saya jam 07.00 Wita lewat sudah ada disekitar bundaran PU kota Kupang dan melihat bus sudah parkir disana. Tentu armada kita siapkan dan akan kita perhatikan sehingga bisa mengantarkan ASN ke Oelamasi namun harus dengan waktu yang pas sehingga tidak terlambat,” kata Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba.

Setelah dilantik menjadi Pj Bupati Kupang pada 7 April 2024 lalu baru pertama kali melihat kondisi ASN Kabupaten Kupang sekaligus bersilaturahmi dengan para pegawai yang penuh hangat menyalami Pj. Bupati Kupang Alexon Lumba.

Dirinya juga berpesan kepada para pimpinan PD agar menjadi teladan yang baik bagi para staf dan memberikan motivasi terbaik dalam rangka peningkatan kinerja organisasi, sedangkan terhadap pegawai yang berprestasi agar diberikan penghargaan sedangkan yang belum agar diberikan teguran serta sanksi bagi yang melanggar.

“Pentingnya sebuah kedisiplinan terutama harus dimiliki oleh para ASN yang digaji dari pajak negara. Saya akan kembali melakukan sidak dan pengecekan kedisplinan pegawai secara rutin, melihat absensi dari para pegawai yang belum masuk, dan juga harus lebih diperhatikan lagi untuk kebersihan lingkungan kantor,” kata Pj. Bupati Kupang Alexon Lumba. (ben)

]]>
https://www.mediasintt.com/2024/04/16/penjabat-bupati-kupang-sidak-opd-untuk-pastikan-pegawai-bekerja-usai-libur/feed/ 0
Pemkab Manggarai Telah Berupaya Mempertahankan Keberadaan Tenaga Kesehatan https://www.mediasintt.com/2024/04/14/pemkab-manggarai-berupaya-mempertahankan-keberadaan-tenaga-kesehatan/ https://www.mediasintt.com/2024/04/14/pemkab-manggarai-berupaya-mempertahankan-keberadaan-tenaga-kesehatan/#respond Sun, 14 Apr 2024 12:05:16 +0000 https://www.mediasintt.com/?p=3068

“Intinya bahwa apa yang disampaikan pada saat demo di DPRD bukanlah hal baru, tetapi merupakan hal yang diulang-ulang penyampaiannya,” kata Bupati Heribertus Nabit.

RUTENG, MEDIASI NTT.COM – Bupati Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur, Heribertus Nabit mengataka, pemerintah setempat sejak 2023 yang lalu berusaha sungguh-sungguh untuk mempertahankan keberadaan para nakes meski sebenarnya ada aturan yang membolehkan penghentian mereka.

“Berkaitan dengan persoalan para tenaga kesehatan ini, Pemkab Manggarai sejak tahun lalu berusaha sungguh-sungguh untuk mempertahankan keberadaan mereka, meski sebenarnya ada aturan yang membolehkan penghentian mereka,” kata Bupati Heribertus Nabit saat dihubungi, pada Minggu (14/4).

Pemkab Manggarai kata Bupati Heribertus Nabit berpandangan bahwa keberadaan para nakes itu masih sangat dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas untuk memastikan tercapainya target-target pembangunan dibidang kesehatan di Kabupaten Manggarai.

Di sisi lain, Pemkab Manggarai kata dia tidak ingin angka pengangguran meningkat tajam yang akan berdampak pada banyak hal.

Kebijakan ini diharapkan akan diteruskan pada tahun 2024 ini, namun pada pertengahan Februari 2024, para tenaga kesehatan secara bersama-sama menemui Pemkab yang diwakili Sekda menyampaikan beberapa aspirasi.

Ada yang segera ditangani, ada juga yang harus disampaikan ke Pemerintah pusat untuk ditangani karena memang merupakan kewenangan Pemerintah pusat.

“Intinya semua yang disampaikan para nakes sudah ditindaklanjuti,” kata Bupati Heribertus Nabit.

Menurut dia pada 6 Maret 2024 lalu dilakukan aksi demo lagi oleh para Nakes yang masih menyuarakan tuntutan-tuntutan yang sama, yaitu menghimbau Pemkab Manggarai untuk mengusulkan formasi sebanyak-banyaknya untuk tenaga kesehatan kategori tertentu, agar diangkat tanpa test, agar formasi PPPK disesuaikan dengan kebutuhan Puskesmas.

Dengan permintaan agar tenaga kesehatan dengan kategori tertentu ditempatkan di Puskesmas asal dalam seleksi PPPK dengan memberikan prioritas kepada Nakes asal Kabupaten Manggarai, agar Dinkes membagikan Surat Perjanjian Kerja TA 2024, Agar Nakes non-ASN diberikan upah sesuai UMR.

Menurut Bupati Heribertus Nabit ada beberapa aspirasi yang sudah disampaikan berulangkali dan ditindaklanjuti, ada yang sudah disampaikan ke Pemerintah pusat karena memang merupakan kewenangan Pusat.

“Hal ini juga sudah disampaikan berulang kali,” kata Bupati Heribertus Nabit.

Namun kata dia ada yang juga tidak bisa ditindaklanjuti karena tidak masuk akal seperti memprioritaskan nakes asal Kabupaten Manggarai, ada yang memang telah berulang kali disampaikan bahwa belum bisa dipenuhi karena keterbatasan angggaran sehingga belum bisa dipeuhi sesuai UMR).

“Intinya bahwa apa yang disampaikan pada saat demo di DPRD bukanlah hal baru, tetapi merupakan hal yang diulang-ulang penyampaiannya,” kata Bupati Heribertus Nabit.

Jika demikian kata dia ada dua hal yaitu ketidakdisiplinan dan ketidakloyalan dan ketidakpercayaan kepada Pimpinan Daerah untuk meneruskan atau menyelesaikan aspirasi yang ada.

“Apabila demikian, maka berarti perkenankan saya juga untuk menunjukkan ketidakpercayaan kepada mereka,” tegas Heribertus Nabit.

Terkait permintaan maaf menurut dia belum bisa memberikan komentar lebih jauh karena masih suasana liburan.

“Saat ini masih suasa liburan dan saya belum mendapat laporan secara detail mengenai hal ini yaitu permohonan maaf para nakes, jadi tidak bisa memberikan komentar lebih banyak,” kata Bupati Heribertus Nabit. (Ben)

 

]]>
https://www.mediasintt.com/2024/04/14/pemkab-manggarai-berupaya-mempertahankan-keberadaan-tenaga-kesehatan/feed/ 0
Penjabat Bupati Kupang Pantau Langsung Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 2024 https://www.mediasintt.com/2024/04/10/penjabat-bupati-kupang-pantau-langsung-pelaksanaan-sholat-idul-fitri-2024/ https://www.mediasintt.com/2024/04/10/penjabat-bupati-kupang-pantau-langsung-pelaksanaan-sholat-idul-fitri-2024/#respond Wed, 10 Apr 2024 03:22:35 +0000 https://www.mediasintt.com/?p=3065

“Saya harapkan falsafah-falsafah kehidupan beragama yang sudah dibangun tetap dipertahankan bilaperlu ditingkatkan. Saya bangga berada ditengah-tengah umat muslim saat ini. Bagi saya, kebersamaan antar umat beragama di kampung toleransi ini begitu erat. Disamping gedung masjid ada gedung gereja. Sungguh suatu kebanggaan bagi saya,”kata Alexon Lumba

KUPANG, MEDIASI NTT.COM – Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba melakukan pemantauan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1445 Hijriah 2024, yang berlangsung di Masjid Agung Darul Hidayah di Kampung Toleransi Naibonat Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/4/2024).

Kehadiran Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba yang melakukan pemantauan Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Darul Hidayah tidak disangka-sangka oleh semua umat muslim di masjid tersebut.

Setelah sholat dilakukan Penjabat Bupati Kupang diberikan kesempatan oleh pengurus masjid untuk menyampaikan ungkapan hati kepada umat muslim setempat.

Pj.Bupati Alexon Lumba menyatakan sangat berbahagia bisa berada di tengah-tengah umat muslim yang sedang menjalankan sholat dalam merayakan hari kemenangan 1 Syawal 1445 H.

“Idul Fitri adalah puncak bagi kaum muslim dalam menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Makna dari ibadah puasa itu sendiri adalah saudara saudariku telah melewati suatu pertempuran, dimana pertempuran itu bukan berhadapan langsung dengan musuh, tetapi dengan diri sendiri dan telah berhasil melawan hawa, nafsu dan haus. Hari ini telah memenangkan melawan pertempuran itu,”ungkap Alexon Lumba.

Menurut Alexon Lumba seperti dalam keterangan Bagian Prokopim Setda Kabupaten Kupang toleransi antar umat beragama di Kabupaten Kupang sangatlah baik dan ia ingin tetap dipertahankan.

“Saya harapkan falsafah-falsafah kehidupan beragama yang sudah dibangun tetap dipertahankan bilaperlu ditingkatkan. Saya bangga berada ditengah-tengah umat muslim saat ini. Bagi saya, kebersamaan antar umat beragama di kampung toleransi ini begitu erat. Disamping gedung masjid ada gedung gereja. Sungguh suatu kebanggaan bagi saya,”kata Alexon Lumba yang juga merupakan Kepala Badan Pendapatan dan Aset Daerah Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Idul Fitri 1445 Hijriah 2024 dengan tema “Memperkokoh persaudaraan dalam semangat idul fitri, saling mengasihi dan tetap menjaga toleransi”, sekitar seribuan umat muslim melakukan sholat Idul Fitri dengan penuh khidmat di gedung masjid yang sementara dalam proses pembangunan dengan luas 45 × 35 meter yang dipimpin Ustad Haji Jumadi dan Khotib Ustad Abdurahim Mampa selaku Sekretaris MUI Kabupaten Kupang.

Ruslan Ambulera dan muslimah Sri Lestari, yang ditemui usai melakukan sholat Idul Fitri mengatakan makna dari Idul Fitri tahun ini adalah refleksi untuk menjadi lebih baik.

“Kita manusia tidak terlepas dari kesalahan, karena itu saya pribadi di momen lebaran tahun ini, saya ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” kata Ruslan Ambulera.

Sementara itu muslimah Sri Lestari menyebutkan makna Idul Fitri tahun ini adalah lebih memperkokoh persudaraan antar umat beragama khususnya di Kabupaten Kupang.

“Dukungan jemaat umat lain sangat luar biasa. Saya ingin hubungan antar kita umat beragama tetap kokoh, saling mengasihi dan jaga toleransi,”kata Sri.

Sri ungkapkan, sungguh tak menyangka bisa dikunjungi penjabat Bupati Alexon Lumba. “Masya Allah, suatu kehormatan bagi kami, bisa dikunjungi bapak penjabat. Meski kami minoritas, kami tetap ingin diperhatikan, digandeng untuk sama-sama membangun Kabupaten Kupang,”harap Sri Lestari. (Ben)

]]>
https://www.mediasintt.com/2024/04/10/penjabat-bupati-kupang-pantau-langsung-pelaksanaan-sholat-idul-fitri-2024/feed/ 0
Tim SAR Kupang Evakuasi Korban Jatuh Dalam Sumur Dengan Kedalaman 15 Meter https://www.mediasintt.com/2024/04/10/tim-sar-kupang-evakuasi-warga-ttu-jatuh-dalam-sumur-dengan-kedalaman-15-meter/ https://www.mediasintt.com/2024/04/10/tim-sar-kupang-evakuasi-warga-ttu-jatuh-dalam-sumur-dengan-kedalaman-15-meter/#respond Wed, 10 Apr 2024 03:00:34 +0000 https://www.mediasintt.com/?p=3060

“Sekitar pukul 15.15 Wita tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi korban dari sumur dalam keadaan meninggal dunia dan Selanjutnya korban dibawa ke RSUD Kefamananu Timor Tengah Utara,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, I Putu Sudayana.

KUPANG MEDIASI NTT.COM- Tim SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang melakukan evakuasi terhadap Amos Usat Nes (31) warga Kelurahan Maubeli, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi Nusa Tenggara Timur yang jatuh dalam sumur dengan kedalama 15 meter.

Amos Usat Nes (31) warga RT28/ Rw 06 Kelurahan Maubeli jatuh kedalam sumur pada Rabu (10/4) sekitar pukul 09.25 Wita saat melihat beberapa ekor ayam milik korban yang berada di sekitar sumur, saat korban berada di bibir sumur korban terpelest dan terjatuh kedalam sumur dengan kedalaman 15 meter.

Sejumlah warga termasuk keluarga korban sempat berupaya melakukan pertolongan terhadap korban namun tidak membuahkan hasil sehingga peristiwa itu dilaporkan kepada pihak pemerintah setempat untuk meminta bantuan tim SAR.

Setelah menerima laporan tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang langsung menerjunkan tim personal Rescuer Basarnas Kupang menggunakan rescue D-Max dan dilengkapi palsar air (SCBA) dan palsar pendukung lainnya menuju lokasi kejadian dengan jarak 183 km arah timur Kota Kupang untuk melaksanakan evakuasi terhadap korban Amos Usat Nes (31).

Tim SAR dari Kupang tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 13.35 Wita langsung melakukan upaya pertolongan.

Tim SAR gabungan terdiri dari unsur, Basarnas Kupang, Unit Siaga SAR Atmabua, BPBD Kabupaten TTU, Polres TTU, Dinsos TTU, Damkar TTU, Babinkamtipmas Kefamananu, Babinsa Kefamananu, Keluarga korban dan masyarakat langsung melaksanakan evakuasi.

“Sekitar pukul 15.15 Wita tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi korban dari sumur dalam keadaan meninggal dunia dan Selanjutnya korban dibawa ke RSUD Kefamananu Timor Tengah Utara,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, I Putu Sudayana.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, I Putu Sudayana menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi kepada seluruh unsur SAR gabungan atas pelaksanaan operasi yang telah dilaksanakan sehingga korban berhasil dievakuasi. (Ben)

]]>
https://www.mediasintt.com/2024/04/10/tim-sar-kupang-evakuasi-warga-ttu-jatuh-dalam-sumur-dengan-kedalaman-15-meter/feed/ 0
Pj Bupati Kupang Gelar Buka Puasa Bersama Umat Muslim https://www.mediasintt.com/2024/04/09/pj-bupati-kupang-gelar-buka-puasa-bersama-umat-muslim/ https://www.mediasintt.com/2024/04/09/pj-bupati-kupang-gelar-buka-puasa-bersama-umat-muslim/#respond Tue, 09 Apr 2024 15:08:49 +0000 https://www.mediasintt.com/?p=3055

“Sebagai umat beriman kita berupaya untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT melalui kesempatan dan ruang yang diberikan oleh Allah untuk menggapai kemuliaan di bulan suci Ramadhan dengan berpuasa selama sebulan ini,” kata Alexon Lumba.

KUPANG, MEDIASI NTT.COM – Pj Bupati Kupang Alexon Lumba yang baru dilantik PJ Gubernur Nusa Tenggara Timur Ayodhia Kalake mengelar kegiatan buka puasa bersama umat muslim Kabupaten Kupang, Selasa (9/4) petang.

Pj.Bupati Kupang Alexon Lumba mengatakan sebagai penjabat bupati yang baru di lantik mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kupang terutama bagi kaum Muslim yang telah bersedia hadir dalam acara buka puasa bersama yang dilaksanakan tepat menjelang berakhirya masa pusa tahun ini.

“Sebagai umat beriman kita berupaya untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT melalui kesempatan dan ruang yang diberikan oleh Allah untuk menggapai kemuliaan di bulan suci Ramadhan dengan berpuasa selama sebulan ini,” kata Alexon Lumba seperti dalam keterangan tertulis Prokopim Setda Kabupaten Kupang.

Ia selalu percaya, bahwa umat muslim adalah umat yang teguh dalam mengamalkan kebaikan dan serius membina, juga melanggengkan toleransi antar sesama umat beragama dan hal itu merupakan bagian dari hikmah puasa yakni memberikan kasih sayang dan kepedulian kepada sesama untuk menguatkan satu sama lain.

Dia mengajak semua umat muslim di Kabupaten Kupang untuk terus menjaga iklim yang kondusif dan juga kepada umat lainnya agar terus menjalankan semangat persaudaraan antar sesama umat beragama.

“Dengan kondisi yang damai, semua umat beragama akan mudah menjalankan aktifitas sosial, budaya maupun ekonomi. Dengan terciptanya keakraban antar sesama umat beragama, siapapun dia akan semangat peduli antara satu dengan yang lainnya, baik dalam keadaan suka maupun susah. Bersama kita jauhi sikap dan perilaku yang mampu menggerus ikatan persaudaraan yang ada,”kata Pj.Bupati Alexon Lumba.

Sementara Sekretaris MUI Kabupaten Kupang, Abdurahim Mampa dalam sambutannya mengatakan MUI Kabupaten Kupang sangat berbahagia bisa ada di momen bermartabat bersama unsur Pemerintah Kabupaten Kupang.

“Kita adalah mitra, teman berkolaborasi, teman sukseskan program yang dijalani Pemda Kabupaten Kupang kami mendukung. Karena umat lah yang laksanakan program itu dan menerima hasil dari program itu,” kata Abdurahim Mampa .

Menurut dia buka puasa bersama yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kupang adalah bagian dari upaya untuk berkolaborasi bersama, bersilaturahim, karena ia yakini apa yang didapatkan dari forum atau wadah ini akan sampai ke tengah-tengah umat.

“Saya apresiasi dan berbahagia sebab di penghujung puasa Ramadhan tahun ini 1445 Hijriah, Pemkab Kupang siapkan wadah ini untuk bersilaturahim. Karena dengan silaturahim memberikan kesehatan dan menambah umur kita. Di dalam sebuah hadish, barangsiapa bersilaturahim Insya Allah ditambahkan umurnya. Dan sekiranya momen ini di ridhoi Allah SWT,” kata Abdurahim Mampa.

Buka puasa bersama ini ditandai dengan pembacaan Ayat Suci Al-quran dan Sari Tilawah oleh Ustadzah Nabila Amjad dan Riza Fatikah Rohim. Dan dilanjutkan dengan Kultum oleh Sekretaris MUI, Abdurahim Mampa.

Kegiatan buka puasa bersama itu dilakukan Pemerintah Kabupaten Kupang dihadiri Plt. Sekda Mesak Elfeto, Danramil Mayor Inf.Hendry Dunand, Wadanyonif 743 Angga Singgih, Ketua FKUB Kabupaten Kupang Pendeta Yunus Kaytulang, Sekretaris MUI Kabupaten Kupang Abdurahim Mampa, Asisten III Novita Foenay, Plt. Asisten 1 Juandri Selan. (Ben)

]]>
https://www.mediasintt.com/2024/04/09/pj-bupati-kupang-gelar-buka-puasa-bersama-umat-muslim/feed/ 0
Alexon Lumba Mengajak Aparatur Pemerintah Kabupaten Kupang Tingkatkan Integritas Dan profesionalisme https://www.mediasintt.com/2024/04/07/alexon-lumba-mengajak-aparatur-pemerintah-kabupaten-kupang-tingkatkan-integritas-dan-profesionalisme/ https://www.mediasintt.com/2024/04/07/alexon-lumba-mengajak-aparatur-pemerintah-kabupaten-kupang-tingkatkan-integritas-dan-profesionalisme/#respond Sun, 07 Apr 2024 14:44:10 +0000 https://www.mediasintt.com/?p=3052

“Kalau ada yang mengatakan hubungan kami retak, itu bukan hanya retak tapi terbelah. Bahkan bukan saja terbelah tetapi sudah pecah-pecah,”kata Bupati Korinus Masneno.

KUPANG, MEDIASI NTT.COM – Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba mengajak seluruh aparat pemerintah di daerah itu untu tingkatkan integritas, mutu dan profesionalisme dengan mengedepankan kepentingan negara dan daerah diatas kepentingan pribadi dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Kupang.

Penegasan itu disampaikan Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba dalam acara syukuran dan pisah sambut bupati dan wakil bupati Kupang periode 2019-2024 , Korinus Masneno dan Jerry Manafe, Minggu (7/4).

Ia mengatakan para aparatur sipil negara di Kabupaten Kupang agar dalam menjalankan tugas pelayanan untuk dilakuka sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing dalam proses pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pemberian pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Kupang,

“Mari kita tingkatkan integritas, mutu dan profesionalisme, karena sehebat apapun seorang pemimpin tanpa ditopang oleh the best team atau organisasi yang solid maka visi, misi dan impian akan menjadi mimpi belaka,” kata Alexon Lumba.

Dia mengajak semua pihak untuk menggalang persatuan dengan mengedepankan kepentingan negara dan daerah diatas kepentingan pribadi atau golongan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing dalam pelayanan pemerintahan.

Alexon Lumba mengaku merasa terharu dan khawatir muncul di hati ketika akan dilantik sebagai Pj Bupati Kupang karena diberikan kepercayaan yang besar, sehingga dalam akan menjaga kepercayaan ini sebaik mungkin dengan bekerja secara maksimal sesuai kemampuan yang dimiliki dalam membangun Kabupaten Kupang.

“Untuk itu saya mengajak semua pihak baik legislatif, eksekutif, yudikatif dengan dibantu para pimpinan perangkat daerah, stakeholder serta masyarakat, bersatu hati dan bergandengan tangan membangun Kabupaten Kupang agar menjadi lebih baik,” tegas Alexon Lumba.

Dalam kesempatan itu dia menyampaikan terima kasih untuk mantan Bupati Kupang Korinus Masneno dan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe yang telah banyak mengukir prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama Kabupaten Kupang di berbagai sektor.

Pada kesempatan itu mantan Bupati Kupang Korinus Masneno mengaku sangat bersyukur karena lima tahun kepemimpinanya bersama mantan Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe bisa dilakukan dengan baik, kendati masih banyak persoalan pembangunan yang belum terselesaikan secara baik.

“Apa yang telah kami lakukan telah diserahkan dalam bentuk memori jabatan pada acara pelantikan tadi, apabila dalam proses pekerjaan mungkin ada kekurangan-kekurangan, kami sampaikan permohonan maaf. Setiap Kepala Daerah yang selesai, pasti ada kekurangannya,”kata Korinus Masneno.

Dia mengatakan setelah ada pj Bupati Kupang maka dirinya bersama mantan Wakil Bupti Kupang Jerry Manafe sudah menjadi masyarakat biasa, karena tugas kami telah selesai meski dalam kesulitan bisa berjalan sampai batas.

“Terkadang tertawa, terkadang harus meneteskan air mata, tapi saya yakin bahwa itu yang terbaik bagi saya sebagai seorang pemimpin. Pak Jerry adalah saudara, sahabat saya, kami keluar sebagai satu paket. Kalau ada yang mengatakan hubungan kami retak, itu bukan hanya retak tapi sudah terbelah. Bahkan bukan saja terbelah tetapi sudah pecah-pecah,”kata Bupati Korinus Masneno yang saat itu didamping Jerry Manafe.

Sementara Jerry Manafe menambahkan lima tahun perjalanan bukan waktu yang lama dan cepat, suka duka tak bisa dihindari. Ada rasa senang, ada gembira, ada sakit hati, tapi ia syukuri banyak hal dan pengalaman yang diperoleh lewat jabatan Wakil Bupati.

“Sampai hari ini saya dengan bapak Korinus adalah teman baik. Beliau ini orang baik. Namanya kehidupan ada siang ada malam. Ada pasang surut dan pasang naik. Kami berdua berkomitmen berjalan sampai akhir. Terima kasih juga untuk semua pejabat beri saya banyak pengalaman. Mohon maaf juga mungkin sepanjang masa kepemimpinan saya sebagai Wakil Bupati ada hal-hal yang kurang dari saya,” kata Jerry Manafe. (Ben)

]]>
https://www.mediasintt.com/2024/04/07/alexon-lumba-mengajak-aparatur-pemerintah-kabupaten-kupang-tingkatkan-integritas-dan-profesionalisme/feed/ 0