Warga Kota Kupang Merasa Sangat Bersyukur Adanya Program JKN

Chris Richard Nenabu Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Kupang.
Chris Richard Nenabu Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Kupang.
banner 468x60

“Saya sudah sering menggunakan kartu JKN untuk pengobatan baik di puskesmas maupun di rumah sakit. Selama berobat saya tidak pernah merasakan adanya kendala yang berarti. Pelayanan yang saya terima selama berobat sangat baik. Setiap petugas yang melayani saya tidak ada yang memberikan kesan negatif, pelayanan mereka baik semua,” terang Richard.

KUPANG, MEDIASINTT.COM – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan memang sangat dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya adalah Chris Richard Nenabu (65), seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di salah satu instansi pemerintah yang ada di Kota Kupang.

Read More
banner 300250

Sebagai warga yang tinggal di BTN Kolhua Kota Kupang, dirinya menceritakan bagaimana pengalaman pribadinya menggunakan kartu JKN yang dimilikinya untuk pengobatan dengan berbagai kemudahan yang dirasakan.

“Saya sudah sering menggunakan kartu JKN untuk pengobatan baik di puskesmas maupun di rumah sakit. Selama berobat saya tidak pernah merasakan adanya kendala yang berarti. Pelayanan yang saya terima selama berobat sangat baik. Setiap petugas yang melayani saya tidak ada yang memberikan kesan negatif, pelayanan mereka baik semua,” terang Richard.

“Tahun ini saya didiagnosa penyakit batu dalam saluran kencing yang menyebabkan saya harus naik ke meja operasi. Operasi dilakukan di salah satu rumah sakit di Kota Kupang, saya sangat bersyukur proses operasi berjalan dengan lancar. Sebelumnya saya merasakan sakit sekali ketika akan buang air kecil dan warna urine juga lebih pekat. Karena takut terjadi apa- apa saya langsung periksa ke FKTP tempat terdaftar. Dari FKTP itu saya diberikan rujukan ke rumah sakit dan setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan baru diketahui ternyata saya ada batu dalam saluran kencing,” jelasnya.

Richard menjalani perawatan di rumah sakit selama 3 hari pada saat operasi penyakit batu dalam saluran kencing. Selama ini, perawat yang dijalani oleh Richard tidak membuat dirinya harus membayar biaya lain. Menurutnya, semua biaya operasi dan juga biaya penyembuhan
pasca operasi semua sudah ditanggung oleh Program JKN.

Betapa bersyukurnya dia ketika harus naik ke meja operasi dan semua biaya sudah di tanggung oleh BPJS Kesehatan, sehingga bisa fokus untuk operasi dan penyembuhan tanpa harus memikirkan biaya yang harus dikeluarkan. Dari berbagai perawatan yang ia jalani menggunakan Program JKN di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), ia selalu dilayani dengan ramah dan baik, bahkan ia tidak pernah merasa dibeda-bedakan. Semua pelayanan yang diberikan lancar dan sangat memuaskan.

Setiap obat yang diberikan sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan semua jadi tidak ada iur biaya selama ini dirasakan oleh Richard.

“Sebagai seorang pensiunan PNS yang bisa dibilang usia sudah tidak muda lagi. Saya sangat bersyukur bisa memiliki kartu JKN, karena kita tidak tahu kapan sakit dan namanya juga sudah tua pasti ada saja sakit yang dirasakan. Saya juga rutin untuk kontrol ke FKTP terdaftar untuk pemeriksaan tensi dan gula darah setiap bulan,” tutur Richard.

Menurutnya, menikmati masa pensiun dengan tenang sangat dibutuhkan, namun ia menekanka bahwa jangan sampai lalai dengan kesehatan. Kesehatan tetaplah hal utama yang harus selalu diperhatikan oleh setiap orang, baik muda maupun tua saat ini.

Richard megatakan, semua harus rutin untuk periksa kesehatan, karena penyakit tidak mengenal usia. Ia mengatakan juga anak muda sekarang yang sudah mengalami operasi batu dalam saluran kencing seperti saya karena lengah memperhatikan kesehatan.

Sebelum mengakhiri perbincangan, Richard menyampaikan BPJS Kesehatan memberikan kemudahan dan perlindungan kesehatan yang sangat baik untuk masyarakat. Dari pengalaman yang ia dapatkan telah menjadi bukti bahwa pelayanan yang baik dan berkualitas serta terjangkau dapat terwujud dengan baik melalui Program JKN yang diselenggaran oleh BPJS Kesehatan.

“Semoga semakin matang usia BPJS Kesehatan maka semakin baik juga pelayanan yang diberikan kepada peserta,” kata Richard. (gt/si/ade)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *