Aplikasi Mobile JKN Mempermudah Mahasiwa Mengakses Layanan Kesehatan

Grace On Oel Neolaka seorang mahasiswi di Kota Kupang merasakan manfaatnya penggunaan mobile JKN dalam mengakses layanan kesehatan.
Grace On Oel Neolaka seorang mahasiswi di Kota Kupang merasakan manfaatnya penggunaan mobile JKN dalam mengakses layanan kesehatan.
banner 468x60

“Saya senang dengan adanya Aplikasi Mobile JKN ini, Aplikasi yang sangat membantu saya ketika ingin berobat. fitur-fitur pada aplikasi sangat lengkap dan memudahkan saya. Sekarang kalau mau berobat cukup bawa handphone saja yang didalamnya ada Aplikasi Mobile JKN. Jadi tinggal tunjukan kartu di Aplikasi Mobile JKN atau cukup dengan menunjukkan NIK pada KTP, kita dapat dilayanani untuk berobat di fasilitas kesehatan,” terang Grace.

KUPANG MEDIASINTT.COM – Perkembangan teknologi saat ini sangat memberikan dampak positif terhadap perliku konsumtif masyarakat. Melihat fenomena tersebut, BPJS Kesehatan mulai berinovasi dengan menghadirkan aplikasi Mobile JKN untuk menghadirkan kemudahan bagi peserta dalam mengakses kebutuhan administrasi kepesertaaan.

Read More
banner 300250

Cukup dengan mengunduh Aplikasi Mobile JKN, semuanya akan menjadi lebih mudah dan praktis. Begitulah yang dirasakan oleh Grace On Oel Neolaka (20), seorang mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik salah satu kampus di Kota Kupang.

Ditemui setelah mendapatkan pelayanan administrasi pada BPJS Keliling di Desa Baumata Barat, Kabupaten Kupang, Grace dengan senang menjelaskan selama ini ia menggunakan Aplikasi Mobile JKN karena aplikasi sangat memudahkan dan banyak manfaatnya.

“Saya senang dengan adanya Aplikasi Mobile JKN ini, Aplikasi yang sangat membantu saya ketika ingin berobat. fitur-fitur pada aplikasi sangat lengkap dan memudahkan saya. Sekarang kalau mau berobat cukup bawa handphone saja yang didalamnya ada Aplikasi Mobile JKN. Jadi tinggal tunjukan kartu di Aplikasi Mobile JKN atau cukup dengan menunjukkan NIK pada KTP, kita dapat dilayanani untuk berobat di fasilitas kesehatan,” terang Grace pada Senin.

Aplikasi Mobile JKN merupakan aplikasi yang diperuntukan untuk mempermudah peserta JKN dapat mendapatkan pelayanan. Banyak fitur yang disediakan pada aplikasi ini yang dapat digunakan oleh peserta. Beberapa fitur yang terdapat pada Aplikasi Mobile JKN adalah Info Lokasi Faskes yang terdekat dengan tempat tinggal, Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) bagi peserta mandiri yang memiliki tunggakan iuran.

Selain itu, fitur Info Peserta untuk melihat kepesertaan kita aktif atau tidak, Pendaftaran Pelayanan Online bagi peserta yang akan melakukan pelayanan di fasilitas kesehatan dan masih banyak lagi fitur yang dapat di manfaatkan di dalam Aplikasi Mobile JKN ini.

Dirinya menambahkan, salah satu fitur pada Aplikasi Mobile JKN yang menurutnya sangat bagus adalah Pendaftaran Pelayanan untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan yang dapat dilakukan secara online melalui aplikasi. Melalui antrean online ini dapat merubah ritme pelayanan di fasilitas kesehatan.

“Dulu ketika membutuhkan pelayanan di fasilitas kesehatan yang awalnya kita harus mengantre tapi sekarang bisa mengambil antrean dari rumah dan datang ke fasilitas kesehatan sebelum jam pelayanan. Bukan cuma itu, kita juga bisa melihat antrian yang sedang mendapatkan pelayanan atau yang sedang dilayani di fasilitas kesehatan. Dengan begitu kita bisa mempertimbangan jam berapa berangkat ke fasilitas kesehatan agar menunggu tidak lama,” tutur Grace sambil menunjukkan Aplikasi Mobile JKN yang dimilikinya.

Grace juga bahagia sebagai salah satu peserta JKN yang iurannya dibayarkan oleh Pemerintah, dia senang hadirnya Pemerintah yang peduli dengan kesehatan masyarakat. Ia dan anggota keluarga seluruhnya terdaftar sebagai peserta JKN yang iurannya di tanggung oleh Pemerintah. Dengan begitu, ia sekeluarga bisa tenang dan tidak perlu khawatir jika tiba-tiba sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan karena telah terjamin adanya Program JKN.

“Fitur yang menurut saya juga banyak manfaatnya adalah skrining riwayat kesehatan yang dapat dilakukan satu kali dalam setahun. Selama ini saya belum pernah melakukan cek Riwayat kesehatan, karena merasa masih sehat-sehat saja dan tidak ada yang perlu di periksa. Namun itu salah karena melaksanakan skrining kesehatan saya dan keluarga bisa mengetahui kondisi kesehatan. Jika hasilnya kurang baik maka kita dapat merubah pola hidup dan pola makan yang mungkin sangat berpengaruh terhadap kesehatan kita,” ujar Grace.

Sebagai salah satu mahasiswa yang masih aktif kuliah, ia akan mengajak teman-teman kampus yang sudah terdaftar untuk menggunakan Aplikasi Mobile JKN dan untuk teman-teman yang belum terdaftar agar segera mendaftar untuk mendapatkan manfaat seperti yang ia rasakan. (gt/ir/ade)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *