Pentingnya Verifikasi Data Yang Akurat Dalam Pemberitaan Media di NTT

banner 468x60

“Wartawan yang profesional selalu melakukan verifikasi terhadap berbagai informasi yang diperoleh sebelum diberitakan, sehingga berita-berita yang disampaikan kepada public merupakan berita yang tidak menghakimi , serta tidak membingungkan masyarakat,” kata Benny Jahang.

KUPANG MEDIASINTT.COM – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Serikat Media Siber Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai organisasi konstituen Dewan Pers berharap agar para anggota SMSI di NTT menjadikan hari pers tahun 2023 sebagai ajang refleksi, sudah sejauh mana profesionalisme wartawan kita dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik yang dilakukan selama ini.

Read More
banner 300250

Penegasan itu disampaikan dalam keterangan tertulis SMSI NTT yang ditandatangani Ketua SMSI Benny Jahang dan Sekretaris Joseph Bataona yang diterima di Kupang, 9 Februari 2023.

Menurut SMSI NTT mengemban tugas sebagai seorang wartawan bukanlah ringan, begitu banyak tantangan yang harus dihadapai ditengah tuntutan public agar wartawan selalu bertindak profesional dalam menjalankan tugas jurnalistik sesuai kode etik jurnalistik.

Tidak bisa dibantah masih ditemukan adanya oknum wartawan yang belum bekerja secara profesional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya sesuai UU Pers nomor 40 tahun 1999 maupun kode etik jurnalistik.

Untuk itu para anggota SMSI di NTT agar selalu memperhatikan secara serius dan memahami secara benar terhadap kode etik jurnalistik sebagai rambu bagi seorang wartawan dalam membentengi diri dari persoalan hukum.

Wartawan yang profesional selalu melakukan verifikasi terhadap berbagai informasi yang diperoleh sebelum diberitakan, sehingga berita-berita yang disampaikan kepada public merupakan berita yang tidak menghakimi , serta tidak membingungkan masyarakat .

Anggota SMSI di NTT harus selalu profesional dalam menjalankan tugas jurnalistiknya dengan memberitakan berita yang benar, akurat, membangun dan tidak menghakimi serta melakukan verifikasi tehadap semua informasi sebelum dijadikan berita untuk disampaikan ke public sehingga berita yang kita sajikan tidak dianggap sebagai berita hoax.

Pers di Nusa Tenggara Timur harus menjadi suluh bagi masyarakat dalam mendapatkan berita-berita yang benar , berimbang, akurat dan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat.

Tantangan pers di NTT kedepan sangatlah berat ditengah hingar bingar gelombang politik daerah maupun nasional yang segera kita hadapi , maka kualitas SDM wartawan sangatlah penting agar kualitas pemberitaan menjadi lebih memadai.

Dalam situasi seperti itu wartawan anggota SMSI di NTT dituntut untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia wartawannya agar dalam menjalankan tugas jurnalistik selalu profesional, berimbang dan tidak menyudutkan pihak lain dalam penyajian berita-berita. (Ebi)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *