Penjabat Bupati Buka Rakor Pemerintah Kecamatan, Kelurahan, dan Desa se- Kabupaten Kupang

banner 468x60

“Rakor ini merupakan salah satu bentuk sinergitas antar Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kelurahan, dan Pemerintah Desa untuk pelaksanaan pemerintahan yang optimal yaitu pelayanan kepada masyarakat, dan sebagai fasilitator untuk menemukan solusi atas permasalahan-permasalahan di Kecamatan, Kelurahan, ataupun di Desa dengan melibatkan organisasi perangkat daerah serta stakeholder terkait” jelas Alexon Lumba.

 

Read More
banner 300250

KUPANG, MEDIASI NTT.COM -Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba membuka Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan, Desa, dan Kelurahan tingkat Kabupaten Kupang, yang dilaksanakan di Aula Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Kupang, Desa Kuimasi, Kecamatan Fatuleu, Rabu (19/6/2024).

Alexon Lumba dalam sambutannya mengatakan, rakor yang diadakan secara berkala tersebut penting terus diadakan untuk memastikan kegiatan-kegiatan pembangunan di Kabupaten Kupang berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Apalagi menurut Alexon Lumba, Camat, Lurah, dan Kepala Desa bertanggung jawab atas segala pembangunan di daerahnya, termasuk pengelolaan keuangan.

“Kabupaten yang maju diawali dengan suksesnya pembangunan suksesnya pembangunan di Kecamatan, Desa, dan Kelurahan. Camat, Kepala Desa, dan Lurah sebagai pamong yang mengayomi masyarakat harus melaksanakan perannya secara baik. Harus kita sadari bersama bahwa membangun Kecamatan, Desa, dan Kelurahan sama artinya dengan membangun Kabupaten Kupang. Salah satu kunci sukses pembangunan Kecamatan, Desa, dan Kelurahan terletak pada tata kelola pemerintahan termasuk didalamnya pengelolaan keuangan baik di Kecamatan, Desa, maupun Kelurahan,” kata Penjabat Bupati Alexon Lumba.

Ia mengatakan begitu pentingnya peran Camat, Lurah, dan Kepala Desa, maka rakor yang rutin diadakan tesebut bisa dimanfaatkan secara baik untuk terciptanya sinergitas antar tingkat Pemerintahan dari tingkat Kabupaten hingga tingkat terendah.

“Rakor ini merupakan salah satu bentuk sinergitas antar Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kelurahan, dan Pemerintah Desa untuk pelaksanaan pemerintahan yang optimal yaitu pelayanan kepada masyarakat, dan sebagai fasilitator untuk menemukan solusi atas permasalahan-permasalahan di Kecamatan, Kelurahan, ataupun di Desa dengan melibatkan organisasi perangkat daerah serta stakeholder terkati” jelas Alexon Lumba.

Alexon Lumba juga memperingatkan beberapa Desa yaitu Desa Tablolong, Desa Sahraen, Desa Tunbaun, Desa Tanini, Desa Kauniki, Desa Oelnainedo, Desa Nuataus, dan Desa Kalali yang Pemerintah Desanya melakukan penyimpangan administrasi keuangan desa.

Ia juga mengapresiasi terhadap Desa Pantulan, Desa Fatukanutu, Desa Tunfeu, Desa Manusak, Desa Bismarak, Desa Soliu, Desa Oesena, Desa Bonmuiti, dan Desa Uih Tiuh Tuan, atas kerja keras serta kerja keras Kepala Desanya sehingga menjadi desa terdepan dalam pelaksanaan program prioritas sesuai amanat Undang-undang.Apalagi desa-desa tersebut juga menjadi desa yang tercepat menyelesaikan pertangungjawaban Dana Desa tahun 2023.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang Muhammad Ilham, SH. MH. dalam kesempatan memberikan sambutan berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Kupang yang melibatkan pihak Kejaksaan Kabupaten Kupang dalam mengedukasi dan mendampingi Pemerintah Kecamatan, Kelurahan, dan Desa.

Ditambahkannya, kemajuan suatu desa tentu sangat ditentukan oleh aparat desa tersebut, apakah mampu mengelola keuangan desa untuk kepentingan meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat desa.

Kepala Desa Manusak Arthur Xiemenes, salah seorang Kepala Desa yang mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Kupang pada kesempatan yang sama memberi pujian kepada Pemerintah Kabuapten Kupang atas ide kreatif dari Penjabat Bupati dan Plt.Sekretaris Daerah Kabuapten Kupang atas pelaksanaan rakor tersebut.

Ia berharap kedepannya rakor tersebut diadakan secara berkelanjutan agar aparat Pemerintah Desa bisa menjadikannya sarana untuk berkoordinasi dengan pemerintah tingkatan lebih tinggi.

Dalam kesempatan tersebut Pemerintah Kabupaten memberikan penghargaan kepada 9 Desa masing-masing Desa Pantulan, Desa Fatukanutu, Desa Tunfeu, Desa Manusak, Desa Bismarak, Desa Soliu, Desa Oesena, Desa Bonmuiti, dan Desa Uih Tiuh Tuan yang merupakan Desa tercepat pengelolaan dan pertanggungjawaban Dana Desa tahun 2023.

Pada kesempatan yang sama dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas oleh para Camat, Kepala Desa, dan Lurah seluruh Kabupaten Kupang. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala BPJS Ketenegakerjaan Kupang, para pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Kupang, para Camat, Kepala Desa, dan Ketua BPD dari seluruh daerah di Kabupaten Kupang. (Ben)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *