Kadin NTT Jadi Bapak Asuh Nominator Festival Desa Binaan Bank NTT

Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto, saat rapat juri dan panitia festival Desa Binaan dan PAD Bank NTT 2022, yang dilaksanakan secara daring.
banner 468x60

Kupang, MediasiNTT. Com – Asosiasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Provinsi NTT siap menjadi bapa asuh bagi pemberdayaan UMKM yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang masuk nominator Festival Desa Binaan dan Festival PAD Bank NTT tahun 2022.

Demikian disampaikan Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto, MM.MBA dalam rapat bersama panitia dan tim juri yang berlangsung secara daring beberapa saat yang lalu.

Read More
banner 300250

“Bank NTT memang berkarakter dalam fokus pemberdayaan UMKM yang adalah sektor pendukung utama roda ekonomi di NTT.Bank NTT memiliki hati untuk membangun provinsi ini, sehingga patut kita apresiasi,” tegas Bobby sembari menambahkan, semangat inilah yang membuat KADIN NTT ikut mensupportnya.

Bank NTT menurutnya harus didukung serta tidak boleh dibiarkan berjalan sendiri dalam mengeksekusi peran besarnya tersebut.

Sehingga bertolak dari situlah, KADIN NTT menurut Bobby, menawarkan diri menjadi bapak asuh bagi para nominator festival di seluruh NTT.

KADIN daerah akan menjadi mentor dalam setiap aktivitas usaha pelaku UMKM peserta festival. Dan di kemudian hari, para pelaku UMKM ini tidak boleh berjalan sendiri melainkan menjadikan KADIN sebagai rumah kedua untuk sharing ide maupun konsultasi ketika ada kebuntuan dalam berusaha.

“Kami siap mensupport melalui KADIN-KADIN daerah. Sebagai bapak asuh tentunya, sehingga teman-teman nominator silahkan bisa berkonsultasi kapan dan dimana saja,”tegas Bobby.

Menurut CEO Sejahtera Group dan juga mantan Ketua Real Estate Indonesia (REI) NTT itu, berbagai kemasan setiap produk yang dihasilkan Bumdes agar lebih menarik sehingga menjadi daya tarik bagi konsumen.

“Kemasan juga perlu untuk dipehatikan. Kita tau bahwa setiap desa punya kekuatan keunikannya masing-masing. Tidak harus sama kemasannya. Untuk itu saya juga sepakat bahwa salah satu visi KADIN itu adalah melahirkan entrepreneur serta menaikkan level entrepreneur, maka hal-hal ini harus diperhatikan,”ujar Bobby lagi.

KADIN NTT menurutnya, juga melihat tentang digital marketing, yang walaupun produk-produk olahan terbaik UMKM di desa-desa, bisa dijual ke luar melalui pasar daring. Untuk itu KADIN NTT akan mengajak Bank NTT dan seluruh stake holders khusus mengenai produk lokal yang akan dieksport.

Pihaknya sedang membahas dengan beberapa Konjen, dan dalam tahun ini juga akan ada pameran produk lokal.

Untuk mengeksekusinya, tentu KADIN NTT butuh mitra, dan salah satu mitra terbaik yang konsern dengan pemberdayaan UMKM dengan basis lokal, adalah Bank NTT sehingga akan ada pembicaraan.

 

Pertemuan secara daring membahas tentang festival Desa Binaan dan PAD Bank NTT 2022.

“Sehingga nantinya kedepan, kita tidak saja berbicara tentang produk, melainkan bagaimana menjual budaya dan kekayaan tradisional kita ke mancanegara. KADIN NTT konsern terhadap ini,” kata Boby.

KADIN NTT menurutnya memiliki beberapa jaringan di pasar daring yang setiap saat bisa dijadikan sebagai kekuatan yang mumpuni, untuk menjadi jembatan emas menghubungkan potensi yang dimiliki UMKM lokal NTT dengan dunia luar. “Dan festival ini adalah moment tepat untuk kita bermitra, bersinergi,”pungkas Bobby yang juga juri Festival Desa Binaan dan PAD Bank NTT 2022 ini. (Eyn)

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.