Program JKN Bantu Efry Dua Kali Jalani Proses Persalinan Dengan Nyaman

Efry Yulni N. Nggadas
Efry Yulni N. Nggadas
banner 468x60

“Saya senang selama ini mulai dari operasi kelahiran anak pertama sampai dengan kelahiran anak ke dua selalu menggunakan kartu JKN. Sama halnya dengan anak pertama, untuk anak ke dua saya selalu rutin melakukan kontrol di faskes terdaftar. Saya bisa tenang dalam proses kelahiran anak karena sudah punya kartu JKN,” kata Efry Yulni N. Nggadas.

KUPANG, MEDIASINTT.COM – Terdaftar sebagai peserta JKN menjadi sangat penting untuk memberikan perlindungan terhadap diri sendiri apabila jatuh sakit di lain waktu. Bukan hanya itu, dengan menjadi peserta, masyarakat bisa tenang dalam mengakses pelayanan di seluruh fasilitas kesehatan, begitu juga dalam proses persalinan.

Read More
banner 300250

Pasalnya selama kehamilan hingga proses melahirkan seluruh biaya yang timbul akan terjamin oleh Program JKN. Jangan sampai ketika sudah mau lahiran sibuk memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk membiayai kelahiran anak karena tidak memiliki jaminan kesehatan.

Efry Yulni N. Nggadas (22) merupakan salah satu peserta JKN yang baru selesai melaksanakan operasi melahirkan anak ke dua di salah satu rumah sakit di Kota Kupang.

Terdaftar sebagai peserta JKN di segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) membuat dirinya merasa tenang dalam menjalani proses persalinannya.

“Saya senang selama ini mulai dari operasi kelahiran anak pertama sampai dengan kelahiran anak ke dua selalu menggunakan kartu JKN. Sama halnya dengan anak pertama, untuk anak ke dua saya selalu rutin melakukan kontrol di faskes terdaftar. Saya bisa tenang dalam proses kelahiran anak karena sudah punya kartu JKN, tinggal fokus pada kelahiran anak tanpa memikirkan biaya yang harus dikeluarkan.
Untuk operasi semuanya sudah ditanggung oleh kartu JKN ini sehingga keluarga saya tidak ada mengeluarkan biaya sepersenpun,” ujar Efry.

Ditemui setelah menjalani persalinan, warga Amarasi Barat, Kabupaten Kupang ini mengaku proses persalinan yang ia lakukan berjalan lancar. Ia bersaksi bahwa selama proses persalinan dirinya dilayani dengan sangat baik oleh dokter dan petugas di rumah sakit. Tidak ada perbedaan pelayanan yang ia dapatkan selama 7 hari ini di rawat, semua setara baik peserta umum maupun sebagai peserta JKN.

“Selama ini saya sering mendengar kalau dirumah sakit cuma bisa maksimal 3 hari, tetapi itu tidak benar. Saya sudah membuktikan sendiri sudah 7 hari di rawat karena sesuai indikasi medis memang belum bisa pulang jadi saya tetap dilayani dengan baik oleh petugas. Saya juga tidak mudah terpancing dengan kabar-kabar miring tentang program JKN, karena yang selama ini saya rasakan pelayanannya sangat bagus sekali,” jelas Efry.

Ia tidak bisa membayangkan kalau tidak terdaftar sebagai peserta JKN, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk dua kali operasi kelahiran anaknya. Pasti keluarga harus menyiapkan biaya yang sangat besar sekali untuk proses persalinan. Kelahiran anak adalah hal tidak bisa ditunda, tentu keluarga harus dari jauh-jauh hari sudah mempersiapkan biaya tersebut untuk kelahiran anaknya.

“Menurut saya, Program JKN ini sangat membantu selama ini, dari biaya pengobatan saya di rumah sakit ataupun di puskesmas cukup dengan menunjukkan kartu JKN atau NIK sebagai identitas diri. Saya sangat berharap untuk masyarakat yang belum terdaftar agar segera mendaftarkan dirinya sebagai peserta JKN. Tidak perlu menunggu sakit untuk mendaftar, tetapi antisipasi terlebih dahulu dengan mendaftar sebelum sakit. Sehingga jika tiba-tiba sakit sudah tidak bingung lagi untuk biaya karena sudah memiliki JKN,” tutur Efry.

Harapan Efry semoga kepesertaan JKN yang ia miliki selalu aktif, sehingga ke depannya bisa terus digunakan untuk mengakses pelayanan kesehatan. Ia mengucapkan terimakasih kepada pemerintah dan juga BPJS Kesehatan yang sudah menyelenggarakan program JKN ini. Sangat banyak manfaat yangsudah ia rasakan sebagai peserta JKN. (ade/*)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *