Saima Jalani Operasi Batu Ginjal Tanpa Biaya Dengan Program JKN

Saima Yusuf Sarabiti (11
Saima Yusuf Sarabiti (11
banner 468x60

KUPANG MEDIASINTT.COM  – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah memberikan banyak manfaat untuk masyarakat. Tidak hanya kalangan yang kurang mampu tapi banyak juga kalangan mampu yang sudah terbantu dengan program JKN.

Kehadiran program JKN banyak mendapatkan respon positif  dari seluruh masyarakat dikarenakan manfaat yang sudah banyak dirasakan oleh peserta.

Read More
banner 300250

Begitu halnya dengan Saima Yusuf Sarabiti (11) yang saat ini sedang menjalani rawat inap karena penyakit batu ginjal. Ia saat ini terdaftar sebagai peserta uang iurannya dibayarkan oleh pemerintah pusat.

Kasus batu ginjal sebenarnya ada yang tidak perlu dilakukan operasi karena akan hilang sendiri tetapi ada juga yang harus dilakukan operasi untuk menghancurkan batu tersebut. Karena batu tersebut semakin lama bisa membesar dan menyebakan kerusakan ginjal, bahkan bisa beresiko lebih buruh lagi sampai gagal ginjal.

Ketika ditemui Tim Jamkesnews di rumah sakit, Saima ditemani oleh orang tuanya yaitu Bapak Yusuf. Bapak Yusuf menjelaskan kalau anaknya saat ini menderita penyakit batu ginjal, namun saat ini sudah dilakukan operasi.

Operasi baru ginjal Saima berjalan dengan lancar sehingga tidak ada kendala dalam proses operasi. Semua biaya perawatan sampai dengn operasi semua ditanggung penuh oleh program JKN. Sehingga tidak ada biaya yang dikeluarkan Bapak Yusuf untuk operasi anaknya tersebut.

“Awalnya Saima saya bawa berobat ke puskesmas untuk berobat karena ada keluhan pada perutnya. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter di puskesmas, dokter memberikan rujukan ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Yusuf.

Di rumah sakit langsung dilakukan pemeriksaan oleh dokter dan di dapatkan hasil kalau ada batu ginjal pada Saima.

Dokter menyarankan untuk dilakukan operasi agar batu ginjalnya dapat dihancurkan.

“Kami takut untuk biaya pasti mahal, tapi saya tenang setelah mendapatkan penjelasan dari rumah sakit kalau itu ditanggung oleh JKN. Sehingga sampai saat ini tidak ada biaya yang saya keluarkan untuk pengobatan Saima,” kata Yusuf.

Yusuf senang dengan pelayanan yang ia dapatkan di rumah sakit, mulai dari petugas administrasi ketika anaknya baru masuk rumah sakit melayani dengan sangat baik.

Dokter dan perawat yang melayani anaknya juga sangat sigap dalam menangani perngobatannya. Sehingga Yusuf merasa sangat puas dengan pelayanan di rumah sakit. Begitu juga di puskesmas sama bagusnya pelayanan yang diberikan oleh petugas. Tidak ada perbedaan pelayanan yang ia lihat antara pasien umum dengan pasien JKN.

“Setelah menjalani operasi, kondisi kesehatan anak saya Saima sudah berangsur-angsur membaik. Saya sangat bersyukur untuk operasinya berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun. Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang sudah mempercayakan kepada BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan program JKN ini. Dapat saya rasakan langsung begitu bermanfaatnya program yang mulia ini, sehingga saya ingin dapat terus menggunakan kartu JKN untuk berobat. Tidak ada biaya yang saya bayarkan mulai dari rawat inap, obat-obatan bahkan sampai dengan operasi semua ditanggung penuh oleh program JKN,” tutur Yusuf.

Kedepannya Yusuf ingin kartu JKN nya tetap aktif sehingga masih dapat digunakan jika membutuhkan pelayanan kesehatan. Ia juga berpesan untuk masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN agar segera mendaftakan diri. Sehingga jika tiba-tiba sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan tidak perlu pusing lagi memikirkan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Karena semua biaya tersebut sudah ditanggung oleh JKN asalkan sesuai dengan prosedur. (ig/is/ade)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *