Biaya Pengobatan Alergi Daniel Ditanggung Penuh Program JKN

banner 468x60

KUPANG MEDIASINTT.COM  – Penyakit bisa datang kapan saja, Sebagian orang tua akan sulit bersikap ketika tiba-tiba buah hatinya harus berhadapan dengan penyakit. Ia pasti akan fokus bagaimana anaknya bisa sembuh, walaupun jika berobat harus mengeluarkan biaya yang besar. Namun biaya ini akan menjadi penghalang jika tidak uang, bakalan menjadi tambah pusing jadinya. Maka perlu adanya perlindungan diri sejak dini untuk jaga-jaga jika sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan.

Begitulah yang dirasakan Dhenil Christophel Kabelen (11) yang saat ini di rawat disalah satu rumah sakit di Kota Kupang. Ia dirawat karena menderita penyakit alergi yang membuat kulitnya sangat gatal. Elisabeth bisa tenang selama perawatan Daniel anaknya karena sudah terdaftar aktif sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang iurannya di bayarkan oleh pemerintah pusat. Jadi mereka bisa fokus pada penyembuhan penyakit Dhenil tanpa memikirkan berapa biaya yang harus mereka keluarkan untuk perawatan.

Read More
banner 300250

“Anak saya memang sudah memiliki kartu JKN sejak cukup lama, dia juga sudah beberapa kali berobat di puskesmas menggunakan kartu JKN ini. Selama berobat di puskesmas memang tidak pernah ada biaya yang mereka keluarkan, semua sudah ditanggung oleh kartu JKN. Namun untuk rawat inap memang ini baru pertama kali, saya awalnya takut juga jika tidak bisa dijamin oleh BPJS Kesehatan. Setelah anak saya dibawa ke rumah sakit dan dijelaskan oleh petugas kalau bisa dijamin oleh BPJS Kesehatan, saya menjadi sangat tenang. Tidak ada biaya yang kami keluarkan selama menjalani rawat inap ini. Semua biaya rawat inap dan obat-obatan sudah ditanggung penuh oleh BPJS Kesehatan,” tutur Elisabeth.

Sebelum dibawa ke rumah sakit, Daniel awalnya dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan pengobatan karena alerginya sudah cukup parah. Sesampai di puskesmas, ia langsung mendapatkan perawatan dari dokter.

Setelah itu dokter memberikan rujukan untuk berobat ke rumah sakit karena kondisi alerginya agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut nantinya. Elisabeth senang dengan penanganan yang cepat di puskesmas sehingga anaknya bisa mendapatkan penanganan yang lebih baik di rumah sakit seperti saat ini.

“Sampai saat ini anak saya dilayani dengan sangat baik oleh dokter dan perawat yang melayani. Waktu masuk rumah sakit juga petugas administrasi cepat dan sigap sehingga anak saya bisa langsung mendapatkan pelayanan. Saya senang dengan pelayanan yang sudah kami dapatkan selama menjalani perawat ini. Tidak ada perbedaan pelayanan yang kami dapatkan dengan pasien lain yang membayar secara umum. Ia bersyukur sudah di daftarkan oleh pemerintah sebagai peserta JKN, sehingga tidak perlu pusing jika butuh pelayanan kesehatan seperti anaknya saat ini,” ujar Elisabeth.

Pengalamannya memanfaatkan program JKN membuat Elisabeth sadar, bagaimana sebagai peserta kita harus paham alur dan prosedurnya. Sehingga semuanya bisa mudah dan lancar tanpa adanya kendala dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Ia berharap program JKN terus ada, dia ingin masyarakat yang lain dapat merasakan manfaat yang sama ketika sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Tidak ada orang yang ingin sakit, namun jika sudah saat tiba-tiba jatu sakit, saya dan keluarga berharap dapat terus menggunakan kartu JKN ini untuk biaya pengobatan. Saya juga bersyukur dengan pelayanan menggunakan kartu JKN sangatlah nyaman. Terimakasih kepada pemerintah yang sudah membayarkan iuran kami setiap bulan serta BPJS Kesehatan yang sudah sangat baik dalam menyelenggarakan program JKN ini,” tutup Elisabeth. (g/is/ade)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *