Penjabat Bupati Kupang Pantau Langsung Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 2024

Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba melakukan pemantauan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1445 Hijriah 2024, yang berlangsung di Masjid Agung Darul Hidayah di Kampung Toleransi Naibonat Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/4/2024). Foto HO-Prokopim Setda Kabupaten Kupang.
Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba melakukan pemantauan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1445 Hijriah 2024, yang berlangsung di Masjid Agung Darul Hidayah di Kampung Toleransi Naibonat Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/4/2024). Foto HO-Prokopim Setda Kabupaten Kupang.
banner 468x60

“Saya harapkan falsafah-falsafah kehidupan beragama yang sudah dibangun tetap dipertahankan bilaperlu ditingkatkan. Saya bangga berada ditengah-tengah umat muslim saat ini. Bagi saya, kebersamaan antar umat beragama di kampung toleransi ini begitu erat. Disamping gedung masjid ada gedung gereja. Sungguh suatu kebanggaan bagi saya,”kata Alexon Lumba

KUPANG, MEDIASI NTT.COM – Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba melakukan pemantauan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1445 Hijriah 2024, yang berlangsung di Masjid Agung Darul Hidayah di Kampung Toleransi Naibonat Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/4/2024).

Read More
banner 300250

Kehadiran Penjabat Bupati Kupang Alexon Lumba yang melakukan pemantauan Sholat Idul Fitri di Masjid Agung Darul Hidayah tidak disangka-sangka oleh semua umat muslim di masjid tersebut.

Setelah sholat dilakukan Penjabat Bupati Kupang diberikan kesempatan oleh pengurus masjid untuk menyampaikan ungkapan hati kepada umat muslim setempat.

Pj.Bupati Alexon Lumba menyatakan sangat berbahagia bisa berada di tengah-tengah umat muslim yang sedang menjalankan sholat dalam merayakan hari kemenangan 1 Syawal 1445 H.

“Idul Fitri adalah puncak bagi kaum muslim dalam menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Makna dari ibadah puasa itu sendiri adalah saudara saudariku telah melewati suatu pertempuran, dimana pertempuran itu bukan berhadapan langsung dengan musuh, tetapi dengan diri sendiri dan telah berhasil melawan hawa, nafsu dan haus. Hari ini telah memenangkan melawan pertempuran itu,”ungkap Alexon Lumba.

Menurut Alexon Lumba seperti dalam keterangan Bagian Prokopim Setda Kabupaten Kupang toleransi antar umat beragama di Kabupaten Kupang sangatlah baik dan ia ingin tetap dipertahankan.

“Saya harapkan falsafah-falsafah kehidupan beragama yang sudah dibangun tetap dipertahankan bilaperlu ditingkatkan. Saya bangga berada ditengah-tengah umat muslim saat ini. Bagi saya, kebersamaan antar umat beragama di kampung toleransi ini begitu erat. Disamping gedung masjid ada gedung gereja. Sungguh suatu kebanggaan bagi saya,”kata Alexon Lumba yang juga merupakan Kepala Badan Pendapatan dan Aset Daerah Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Idul Fitri 1445 Hijriah 2024 dengan tema “Memperkokoh persaudaraan dalam semangat idul fitri, saling mengasihi dan tetap menjaga toleransi”, sekitar seribuan umat muslim melakukan sholat Idul Fitri dengan penuh khidmat di gedung masjid yang sementara dalam proses pembangunan dengan luas 45 × 35 meter yang dipimpin Ustad Haji Jumadi dan Khotib Ustad Abdurahim Mampa selaku Sekretaris MUI Kabupaten Kupang.

Ruslan Ambulera dan muslimah Sri Lestari, yang ditemui usai melakukan sholat Idul Fitri mengatakan makna dari Idul Fitri tahun ini adalah refleksi untuk menjadi lebih baik.

“Kita manusia tidak terlepas dari kesalahan, karena itu saya pribadi di momen lebaran tahun ini, saya ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” kata Ruslan Ambulera.

Sementara itu muslimah Sri Lestari menyebutkan makna Idul Fitri tahun ini adalah lebih memperkokoh persudaraan antar umat beragama khususnya di Kabupaten Kupang.

“Dukungan jemaat umat lain sangat luar biasa. Saya ingin hubungan antar kita umat beragama tetap kokoh, saling mengasihi dan jaga toleransi,”kata Sri.

Sri ungkapkan, sungguh tak menyangka bisa dikunjungi penjabat Bupati Alexon Lumba. “Masya Allah, suatu kehormatan bagi kami, bisa dikunjungi bapak penjabat. Meski kami minoritas, kami tetap ingin diperhatikan, digandeng untuk sama-sama membangun Kabupaten Kupang,”harap Sri Lestari. (Ben)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *