Pemkot Kupang Mulai Menerapkan Pembayaran Tagihan Air PDAM Secara Online

Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay telah me-launching sistem pembayaran tagihan air Perumda Air Minum Kota Kupang secara online (host to host) melalui Livin Merchant PT. Bank Mandiri (Perseso) Tbk, pada Kamis (22/2). FOTO/PROKOMPIM SETD KOTA KUPANG.
Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay telah me-launching sistem pembayaran tagihan air Perumda Air Minum Kota Kupang secara online (host to host) melalui Livin Merchant PT. Bank Mandiri (Perseso) Tbk, pada Kamis (22/2). FOTO/PROKOMPIM SETD KOTA KUPANG.
banner 468x60

“Program digitalisasi pembayaran tagihan air Perumda Air Minum Kota Kupang merupakan pertama kali digunakan di Provinsi NTT, dan baru di-launching di Kota Kupang,” kata I Made Mudalara

KUPANG MEDIASI NTT.COM – Pemerintah Kota Kupang mulai menerapkan sistem pembayaran tagihan air PDAM melalui sistem online yang diangap lebih aman dan murah bagi para pelangan.

Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay telah me-launching sistem pembayaran tagihan air Perumda Air Minum Kota Kupang secara online (host to host) melalui Livin Merchant PT. Bank Mandiri (Perseso) Tbk, pada Kamis (22/2).

Sistem Pembayaran Host To Host adalah sistem pembayaran tagihan yang dapat dilakukan secara online melalui Aplikasi Mobile, ATM maupun kanal pembayaran lainnya, sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran air di Perumda Air Minum Kota Kupang yang lebih mudah dan nyaman bagi para konsumen.

Menurut Fahrensy Priestley Funay programpembayaran tagihan air minum secara online di Perumda Air Minum Kota Kupang diharapkan dapat membawa dampak yang positif bagi pelanggan Perumda Air Minum Kota Kupang untuk melakukan pembayaran tagihan.

Pembayaran tagihan melalui aplikasi online dapat melakukan pembayaran tanpa harus mengantri ke kantor Perumda Air Minum untuk melakukan pembayaran.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota Kupang untuk mempercepat dan memperluas digitalisasi pelayanan dengan mewujudkan Kota Kupang melalui pelayanan digital melalui sistem pembayaran yang dapat mendukung integrasi ekonomi dan keuangan digital nasional.

“Membudayakan transaksi secara digital di pasar, pusat perbelanjaan serta mendorong para pelaku usaha untuk menginput dan melaporkan progres pelaksanaan transaksi melalui mesin Electronic Data Capture (EDC) atau pengambilan data elektronik, dan wujud kerja sama yang terjalin antara Perumda Air Minum Kota Kupang dengan Bank Mandiri ini merupakan bagian dari upaya untuk menciptakan ekosistem pembayaran digital itu,” kata Fahrensy Priestley Funay.

Dikatakannya dimulainya kerja sama ini membuktikan peran perbankan dalam pembangunan daerah, karena dunia perbankan merupakan salah satu elemen yang berpengaruh dalam perekonomian baik dalam lingkup regional maupun nasional yang memiliki peran strategis dalam mendukung pembangunan daerah.

Sementara itu, Asistant Vice President PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk., I Made Mudalara mengatakan program digitalisasi pembayaran tagihan air Perumda Air Minum Kota Kupang merupakan pertama kali digunakan di Provinsi NTT, dan baru di-launching di Kota Kupang.

Ia menjelaskan alasan memilih Perumda Kota Kupang untuk menggunakan program ini adalah karena di seluruh Perusahaan Air Minum di wilayah NTT, tidak semua memiliki sistem penagihan sebagus Perumda Air Minum Kota Kupang, dan untuk biaya develop program tersebut digratiskan oleh Bank Mandiri.

Program ini mempermudah pelanggan yang selama ini harus mengantre melakukan pembayaran di loket dengan pembayaran melalui aplikasi Livin Merchant yang tersedia di Smartphone maupun via ATM yang transaksinya dapat dilakukan 1×24 jam. Ketika pelanggan melakukan pembayaran maka uang tagihan pembayaran tersebut langsung masuk ke rekening Perumda Air Minum Kota Kupang. (Ben)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *