Cornelis Jalani Pengobatan Batu Empedu dengan Kartu JKN

Cornelis Baitanu (67) yang merupakan peserta JKN dari segmen pensiunan PNS.
Cornelis Baitanu (67) yang merupakan peserta JKN dari segmen pensiunan PNS. (foto BPJS kesehatan Kupang)
banner 468x60

 

KUPANG, MEDIASINTT.COM –  Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan wujud kepedulian dari pemerintah kepada seluruh masyarakat Indonesia, dengan hadirnya program JKN ini sudah memberikan banyak manfaat kepada masyarakat dan meningkatan derajat kesehatan peserta.

Read More
banner 300250

Sejak diluncurkan pada tahun 2014 sampai dengan saat ini, program JKN telah banyak memberikan berbagai kemudahan akses layanan kesehatan. Sehingga peserta semakin mudah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan menggunakan kartu JKN.

Salah satunya adalah Cornelis Baitanu (67) yang merupakan peserta JKN dari segmen pensiunan PNS. Ia saat ini berobat di salah satu rumah sakit di Kota Kupang untuk pemeriksaan Batu Empedu.

Cornelis yang saat ini tinggal di Kefamenanu sudah melakukan pemeriksaan di poli urologi di RSUD Kefemenanu. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Dokter, ia diberikan rujukan ke rumah sakit di Kota Kupang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Saya sekarang akan melakukan pengecekan batu empedu. Meskipun saya berasal dari luar daerah tetapi tetap bisa menggunakan kartu JKN untuk berobat. Saya berobat juga tidak ada mengeluarkan biaya karena semua sudah ditanggung oleh program JKN. Untuk administrasi di rumah sakit tadi sama sekali tidak ribet, saya benar-benar sangat dipermudah dengan menggunakan kartu JKN ini. Saya berharap semoga pemeriksaan batu empedu nanti berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang berarti,” ungkap Cornelis.

Cornelis awalnya cukup khawatir kalau pemeriksaan baru empedunya tidak dijamin oleh program JKN karena berasal dari luar daerah. Tetapi Dokter yang memberikan rujukan sudah memberitahukan jika itu dijamin karena sesuai dengan prosedur.

Ia berfikir kalau peserta yang tidak bisa dijamin mungkin karena tidak sesuai dengan prosedur, padahal menurut Cornelis prosedur program JKN sangatnya gampang dan tidak ribet. Ia berpesan agar peserta paham dulu terharap prosedur program JKN sehingga tidak ada kendala ketika membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Saya bersyukur selama ini selalu diberikan kesehatan sehingga selama menjadi peserta JKN tidak terlalu sering menggunakan untuk berobat. Meskipun begitu tidak masalah untuk saya yang gaji dipotong setiap bulan,” kata Cornelis.

Meskipun dulu  belum menggunakan JKN tetapi dengan rutin membayarkan iuran dapat membantu peserta yang saat itu sedang sakit dan membutuhkan biaya yang besar untuk pelayanan kesehatan.

Prinsip BPJS Kesehatan adalah gotong royong, peserta sehat yang rutin membayarkan iuran setiap bulan dapat membantu peserta yang sedang sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan.

Menurut Cornelis saat ini pelayanan untuk peserta Program JKN sudah sangat bagus. Ini terlihat dengan semakin banyaknya masyarakat yang dengan sadar mendaftar sebagai peserta.

Masyarakat sudah tidak ragu lagi untuk datang ke fasilitas kesehatan karena pelayanan sudah sangat bagus. Tidak ada perbedaan pelayanan untuk peserta yang memiliki hak kelas lebih tinggi atau lebih rendah, semoga pelayanan sama dan hanya ruang perawat yang berbeda.

“Saya berpesan agar semua masyarakat terdaftar sebagai peserta JKN. Karena kalau sakit sudah tenang, tidak perlu pikirkan biaya kalau jatuh sakit. Tinggal langsung ke fasilitas kesehatan untuk berobat dengan membawa KTP sudah bisa langsung dilayani. Yang terpenting rutin membayarkan iuran setiap bulan agar kartu selalu aktif.  Harapan saya semoga kedepannya program JKN ini selalu ada dan semakin memberikan banyak manfaat untuk peserta karena banyak peserta yang tertolong dengan program JKN ini. Semoga fasilitas kesehatan dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk  pesien BPJS Kesehatan, untuk dapat meningkatkan layanan program JKN lebih optimal,” kata Cornelis.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *