38 Anak di Kecamatan Kota Raja Menderita DBD

Pertugas Kesehatan melakukan pemberantasan sarang nyamuk.
banner 468x60

“Anak-anak termasuk penderita DBD yang terbanyak di Kota Raja. Beberapa pasien sudah sembuh,” kata Mohamad Adriyanto Abdul Jalil.

Kupang, MediasiNTT.Com – Sebanya 38 orang anak warga di  Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang,  terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“Berdasarkan data yang kami miliki sampai saat ini terdapat 38 orang yang menderita demam berdarah di wilayah Kota Raja, ” kata Camat Kota Raja, Mohamad Adriyanto Abdul Jalil ketika dihubungi di Kupang, Minggu.

Ia menjelaskan kasus DBD yang melanda daerah itu mulai terjadi pada Desember 2021.

Menurut dia jumlah kasus DBD yang terjadi di daerah yang dipimpinnya itu mulai meningkat pada awal Januari 2022 saat memasuki musim penghujan dengan jumlah kasus mencapai 38 orang.

Dia mengatakan penderita DBD sebagian besar merupakan pasien yang masih berusia anak-anak.

“Anak-anak termasuk penderita DBD yang terbanyak di Kota Raja. Beberapa pasien sudah sembuh,” kata Mohamad Adriyanto Abdul Jalil.

Dia menjelaskan, Pemerintah Kecamatan Kota Raja telah berupaya melakukan pencegahan meluasnya kasus DBD dengan melakukan fogging pada daerah-daerah yang memiliki kasus DBD serta pada penduduk seperti di kawasan Kelurahan Foentein serta Kelurahan Naikoten I.

Menurut dia dalam pemberantasan kasus DBD pemerintah Kecamatan Kota Raja dibantu pihak Garda Nasional Musyawarah Kekeluargaan dan Gotong Ronyog (Garnas MKGR) Kota Kupang yang melakukan fogging untuk pemberantasan nyamuk DBD pada sejumlah daerah pada penduduk.

“Tim dari Garnas MKGR turun langsung melakukan fogging bersama para petugas dari Dinas Kesehatan Kota Kupang maupun Pemerintah Kecamatan Kota Raja,” kata Camat Kota Raja, Mohamad Adriyanto Abdul Jalil.

Ketua Garnas MKGR Kota Kupang, Feryanto Fulbertus (kedua dari kanan) bersama Camat Kota Raja, Mohamad Adriyanto Abdul Jalil (kiri) saat melakukan kegiatan fogging di Kecamatan Kota Raja, Minggu. Foto Antara.

Sementara itu Ketua Garnas MKGR Kota Kupang, Feryanto Fulbertus mengatakan pihaknya turun melakukan fogging di wilayah Kecamatan Kota Raja untuk membantu pemerintah dalam pemberantasan sarang nyamuk DBD karena kasus DBD di Kota Kupang saat ini meningkat.

“Pada saat musim penghujan seperti terjadi saat ini banyak genangan air yang memungkinkan nyamuk DBD berkembang biak sehingga perlu dilakukan upaya pemberantasan sarang nyamuk pada daerah-daerah yang padat penduduk,” tegasnya. (ant/ria)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.