Guru Kunci Sukses Keberhasilan Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah

Guru asal Kabupaten Sumba Barat sedang melakukan magang di SAKB Kota Kupang.
banner 468x60

“Pendidikan karakter ini penting diajarkan secara dini bagi anak-anak karena pendidikan dasar merupakan fundasi untuk perkembangan anak selanjutnya sehinnga karakter anak secara dini harus dikuatkan,” Kania Dewi .

 

Read More
banner 300250

Kupang, MediasiNTT .COM – Kepala Sekolah Abdi Kasih Bangsa, Kota Kupang, Viktoriani W Innabuy mengatakan keberhasilan pendidikan karakter bagi siswa di sekolah sangat ditentukan para pendidik atau guru.

“Guru memiliki peran yang sangat strategis dan penting terhadap keberhasilan pendidikan karakter bagi siswa di sekolah sehinnga anak-anak bisa menerapkan pendidikan karakter dengan baik,” kata V
Viktoriani W Innabuy di Kupang, Jumat.

Viktoriani W Innabuy mengatakan hal itu terkait adanya kegiatan magang yang melibatkan sejumlah guru dari Kabupaten Sumba Barat yang melakukan magang tentang pendidikan karakter di Sekolah Abdi Kasih Bangsa.

Menurut dia terdapat enam orang guru dari enam sekolah dasar dari Kabupaten Sumba Barat sejak Senin-Jumat (24-28/1/2022) melakukan pendidikan magang tentang pendidikan karakter.

Para guru itu berasal dari SD Dede Kadu, SD Masehi Waikabubak I, SDN Loko Ry, SDN Wee Lalaka, SD Inpres Hoba Jangi dan SD Masehi Hupumada, Kabupaten Sumba Barat.

Dia mejelaskan selama melakukan magang di SAKB para guru asal Pulau Sumba itu tetap berperan sebagai guru namun lebih menekankan pada proses pendidikan dan interaksi dengan siswa terkait keberlangsungan pendidikan karakter.

“Peran orang tua juga sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan karakter anak untuk memperhatikan anak sebagai subyek,”tegasnya.

Sementara itu Kordinator Program Pendidikan INOVASI Untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) NTT, Kania Dewi menegaskan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mendefinisikan pendidikan karakter erat kaitanya dengan cara berpikir dan berprilaku yang menjadi ciri khas setiap individu.

Menurut dia apabila anak-anak memiliki karakter yang sangat kuat secara dini maka suatu ketika saat mengambilan suatu keputusan dilakukan dengan tepat.

“Pendidikan karakter ini penting diajarkan secara dini bagi anak-anak karena pendidikan dasar merupakan fundasi untuk perkembangan anak selanjutnya sehinnga karakter anak secara dini harus dikuatkan,” tegasnya.

Sementara itu guru SD Negeri Wae Lalaka, Kabupaten Sumba Barat, Alfrida M Mina Ate, menjelaskan selama empat hari melakukan magang di SAKB Kota Kupang menemukan banyak hal baru dalam proses pendidikan anak.

Salah satu hal positif dialaminya bahwa para siswa begitu aktif dalam kegiatan pembelajaran.

“Sangat berbeda dengan kondisi kami di Sumba Barat guru lebih aktif dari murid. Murid-muridnya sangat kreatif selama proses pembelajaran. Hal-hal seperti itu tentu menjadi pembelajaran yang baik untuk kami lakukan saat di Sumba Barat sehingga proses pendidikan karakter anak membuahkan hasil maksimal,” tegasnya. (Ria)

 

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.