Prof. Dr. Sebastianus Menggo Dikukuhkan Menjadi Guru Besar Unika Santu Paulus Ruteng

Prof. Dr. Sebastianus Menggo, M.Pd, dikukuhkan menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Linguistik Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Sabtu (23/3). FOTO PROKOPIM SETDA MANGGARAI
Prof. Dr. Sebastianus Menggo, M.Pd, dikukuhkan menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Linguistik Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Sabtu (23/3). FOTO PROKOPIM SETDA MANGGARAI
banner 468x60

“Momen pengukuhan ini juga menjadi pemacu bagi semua dosen di lembaga Unika menuju penguatan sumber daya akademik,” kata Linus Lusi.

RUTENG MEDIASI NTT.COM – Prof. Dr. Sebastianus Menggo, M.Pd, dikukuhkan menjadi Guru Besar Bidang Ilmu Linguistik Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Sabtu (23/3).

Read More
banner 300250

Pengukuhan itu berlangsung di Aula GUT Lantai V UNIKA St. Paulus Ruteng juga dihadiri Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit, S.E.,M.A.

Dalam orasi ilmiahnya berjudul “Membangun Makna Linguistik dalam Mendukung Kompetensi Komunikasi Interpersonal pada Pembelajaran Bahasa Masa Depan” Prof. Dr. Sebastianus Menggo, M. Pd mengatakan bahwa komunikasi interpersonal merupakan suatu proses penyampaian informasi, gagasan, potensi diri secara verbal dan non verbal yang bertujuan untuk mencapai tujuan bersama antara speaker and hearer.

Dengan kemampuan komunikasi interpersonal yang mumpuni, maka aktivitas kerja dan berbagai aktivitas lainnya seperti dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan relatif lebih mudah.

Sementara tu Uskup Ruteng Mgr. Siprianus Hormat menekankan tentang pentingnya peran dosen dan tenaga pendidik selaku agen perubahan yang menginspirasi, membimbing dan membentuk mahasiswa menjadi individu yang berdaya baik secara akademik maupun secara moral.

Dalam konteks lokal, lanjutnya, lembaga pendidikan Yayasan Santu Paulus Ruteng menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari legasi pelayanan pendidikan gereja Katolik di Manggarai.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTT Linus Lusi mengatakan, Linguistik bukan sekedar ilmu yang mempelajari bahasa tetapi memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan seperti pendidikan, budaya, ekonomi dan politik kebangsaan.

Menurut Linus Lusi, momen pengukuhan ini juga menjadi pemacu bagi semua dosen di lembaga Unika menuju penguatan sumber daya akademik.

Di kesempatan yang sama, Rektor Unika Santu Paulus Ruteng Romo Dr.Maksimus Regus menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih atas pengukuhan bagi Profesor Sebastianus. Ini menjadi salah satu kado terindah dari perayaan Dies natalis ke 65 Unika Santu paulus Ruteng yang puncaknya pada bulan Mei 2024 mendatang. (Ben)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *