Sebagai Seorang Petani, Ayub Rasakan Betul Manfaat Program JKN

banner 468x60

KUPANG MEDIASINTT.COM – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah berjalan hampir sepuluh tahun lamanya. Sudah banyak peserta yang terdaftar sebagai peserta JKN terbantu dengan hadirnya program JKN ini. Biaya yang besar untuk berobat bukanlah masalah lagi bagi masyarakat karena sudah di cover oleh program JKN.

Banyak kemudahan yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan dalam program JKN ini, sehingga peserta semakin percaya dengan program ini. Apalagi saat ini program JKN sudah berjalan dengan sangat baik dan hal itu juga meningkatkan kepercayaan masyarakan dengan program JKN.

Read More
banner 300250

Ayub Yupiter Nuban (51) merupakan salah satu peserta JKN yang sudah sejak lama terdaftar sebagai peserta yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah.

Selama ini ia cukup sering menggunakan kartu JKN untuk berobat di fasilitas kesehatan. Ia telah merasakan  manfaat sangat besar dengan hadirnya program JKN ini. Ayub yang sehari-hari bekerja sebagai petani sangat bersyukur bisa terdaftar sebagai peserta JKN, karena akan sangat membantu dirinya untuk berobat selama ini.

“Dari awal memperoleh kartu JKN yang diberikan oleh pemerintah, saya sudah langsung memanfaatkannya. Saya pernah dulu terkena penyakit malaria, sehingga harus menjalani rawat ini di rumah sakit. Selama dirawat saya puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Dokter dan petugas rumah sakit. Tidak ada perbadaan pelayanan yang saya dapatkan ketika dirawat inap sama saja dengan pasien lain, yang membedakan hanya  kelas rawat inapnya saja. Untuk obat juga sudah ditanggung oleh program JKN sehingga tidak ada biaya yang saya keluarkan untuk pengobatan malaria waktu itu,” ujar Ayub.

Ayub juga pernah menggunakan kartu JKN untuk pengobatan panas tinggi yang ia alami di puskesmas tempat ia terdaftar.

Petugas puskesmas sangat cepat dan bagus pelayanan yang berikan sangatlah baik. Biaya berobat di puskesmas Ayub juga ditanggung penuh oleh program JKN.

Dengan aktif terus terdaftar sebagai peserta JKN, Ayub bisa fokus untuk pengobatan jika sakit tanpa harus mempersiapkan berapa biaya yang harus dibayarkan. Tanpa JKN ayub merasa akan sulit untuk membayar biaya pengobatannya jika sakit.

“Pasti sangat terbantu dengan terdaftar aktif sebagai peserta JKN. Apalagi sebagai petani yang pendapatan saya tidak menentu, sehingga akan sulit untuk saya membayar biaya pengobatan jika tidak menggunakan kartu JKN. Dengan ekonomi saya yang pas-pasan, memiliki jaminan kesehatan sangat bermanfaat sekali untuk saya. Beryukur adalah kata yang paling pantas saya ucapakan karena selama ini pengobatan selalu ditanggung oleh program JKN tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun,” ungkap Ayub.

Ia ingin masyarakat yang kurang mampu sepertinya dapat didaftarkan juga oleh pemerintah sebagai peserta JKN. Karena dengan itu akan sangat meringankan beban biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat jika tiba-tiba mereka sakit. Jangan sampai ada masyarakat yang kesusahan untuk berobat karena tidak memiliki biaya dan belum aktif terdaftar sebagai peserta JKN.

“Saya berharap ke depannya tidak ada sakit dan selalu diberikan kesehatan, sehingga iuran yang dibayarkan oleh pemerintah untuk saya dapat membantu peserta lain yang sedang sakit dan membutuhkan biaya yang besar untuk pengobatannya. Semoga semua masyarakat Indonesia bisa terdaftar sebagai peserta JKN, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang sakit tapi tidak bisa berobat karena tidak memiliki biaya. Karena dengan aktif terdaftar sebagai peserta JKN semua biaya pengobatan sudah ditanggung penuh asalkan sesuai dengan prosedur,” tutup Ayub. (IG/IS)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *