Kontrol Kehamilan dan Melahirkan Devie Menggunakan Program JKN

banner 468x60

KUPANG MEDIASINTT.COM  – Pemerintah melalui Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Kesehatan telah memberikan akses untuk jaminan kesehatan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan dengan baik sehingga mereka bisa sembuh hari penyakitnya.

BPJS Kesehatan diberikan wewenang untuk menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan demi kepuasan peserta, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan lebih baik dengan menggunakan kartu JKN.

Read More
banner 300250

Melahirkan merupakan akhir dari sebuah penantian panjang seorang ibu selama kehamilan. Pada proses melahirkan seorang ibu harus bertaruh nyawa untuk kelahiran anaknya. Ketika melahirkan seorang ibu harus fokus untuk proses melahirkan tersebut tanpa harus memikirkan biaya yang harus dikeluarkan.

Salah satunya adalah Devie Arviani Pattipeilohy (33) peserta program JKN yang baru saja melahirkan di salah satu rumah sakit di Kota Kupang. Semua biaya sudah ditanggung penuh oleh program JKN, sehingga tidak ada biaya lagi yang harus dikeluarkan oleh Devie.

Ketika proses melahirkan tidak ada kendala yang Devie rasakan dan prosesnya juga mudah dengan menggunakan kartu JKN. Dari awal masuk sampai dengan sekarang ia masih dirawat di rumah sakit semua sudah ditanggung oleh program JKN. Ia bersyukur sudah terdaftar aktif sebagai peserta JKN karena selalu mendapatkan pelayanan yang memuaskan pada saat melahirkan ini.

“Selama ini saya rutin menggunakan kartu JKN untuk kontrol kehamilan di Klinik saya terdaftar. Tidak ada biaya lagi yang saya bayarkan selama proses kontrol kehamilan tersebut. Sebagai seorang pegawai swasta yang iuran JKN saya dipotong setiap bulan dari gaji, menurut saya itu tidak masalah. Karena manfaat yang saya peroleh lebih besar dari biaya yang dipotong setiap bulan dari gaji tersebut. Apalagi untuk melahirkan pasti besar biaya yang harus dikeluarkan jika tidak menggunakan kartu JKN,” ujar Devie.

Devie sudah cukup lama terdaftar sebagai peserta JKN, selama ini ia dan keluarga cukup sering menggunakan kartu JKN untuk berobat.

Pada saat berobat menggunakan kartu JKN, Devie merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Dokter dan petugas di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Sehingga ia selalu menggunakan JKN untuk berobat dan senang dengan pelayanan yang di dapatkan.

“Saya merasa kalau program JKN ini sangat banyak memberikan manfaat untuk peserta. Ia mengajak untuk peserta agar rutin membayarkan iuran setiap bulan. Sehingga dapat membantu pelayanan kesehatan peserta tersebut jika sakit dan dapat juga membantu peserta lain yang sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan. Sehingga saling gotong-royong sesama peserta dapat berjalan dengan baik, dimana peserta yang sehat dapat membantu peserta sakit yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” ungkap Devie.

Devie ingin pelayanan peserta JKN yang cepat seperti yang ia dapatkan dapat teruskan dipertahankan, kalau bisa ditingkatkan akan lebih baik lagi.

Sehingga peserta semakin yakin dengan program JKN ini. Bagi masyarakat yang belum terdaftar akan lebih yakin untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta JKN dan merasakan manfaat dari program yang mulia ini.

“Meskipun semua orang tidak ada yang pernah mau ingin sakit, namun apa salahnya aktif terdaftar sebagai peserta JKN untuk berjaga-jaga. Apabila datang sakit sudah tidak perlu mempersiapkan biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya rumah sakit karena sudah menggunakan kartu JKN. Program ini merupakan program pemerintah yang memberikan banyak sekali manfaat,” tutur Devie. (IG/IS)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *