Dengan Program JKN, Bilha Tidak Khawatir Biaya Operasi Kakinya

banner 468x60

“Saya bersyukur sudah aktif sebagai Peserta JKN, sehingga kekhawatiran soal biaya pelayanan kesehatan sudah tidak ada lagi. Terbukti dengan operasi yang saya jalani semua biaya perawatan, mulai dari rawat inap, obat-obatan, sampai dengan Tindakan operasi juga dijamin oleh BPJS Kesehatan,” kata  Bilha Bano Bureni.

KUPANG MEDIASINTT.COM – Menginjak di tahun ke-10 penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), telah banyak sekali memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia. Mulai dari pengobatan kecil hingga pengobatan berbiaya besar seluruhnya ditanggung oleh Program JKN.

Read More
banner 300250

Apalagi saat ini penyakit tidak hanya menyerang masyarakat usia tua tapi yang usia muda juga. Maka penting kita sudah terdaftar sebagai Peserta JKN dari sekarang untuk melindungi diri jika nanti membutuhkan pelayanan kesehatan.

Seperti halnya yang dialami oleh Bilha Bano Bureni (42) yang saat ini menggunakan kartu kepesertaan JKN miliknya untuk menjalani operasi kaki yang bengkak. Ia merupakan peserta JKN yang terdaftar sebagai peserta yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah pusat.

Ia senang dapat terbantu dengan adanya Program JKN ini sehingga tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan yang ia lalui selama ini.

“Saya berobat karena kaki bengkak ini pertama kali pada Bulan Juni 2023. Saya berobat di puskemas tempat terdaftar, kemudian diberikan rujukan untuk ke rumah sakit. Di rumah sakit saya kembali melakukan pemeriksaan oleh dokter. Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter menyarankan untuk dilakukan operasi pada kaki saya yang bengkak tersebut. Karena kondisi kaki yang bengkak juga sudah keluar nanah dibagian telapak kaki. Saya bersyukur operasi yang saya lakukan berjalan dengan lancar. Setelah dilakukan operasi tersebut, kaki saya merasa sudah jauh lebih baik,” ujar Bilha.

Awalnya, Bilha takut untuk biaya operasi tersebut karena taku tidak bisa ditanggung oleh Program JKN. Apalagi yang dia tahu kalau pelayanan menggunakan kartu JKN yang gratis itu ribet. Namun setelah dia coba itu tidak ada yang benar, ia mendapatkan pelayanan yang cepat dan tetap baik itu di puskesmas maupun di rumah sakit.

Bukan hanya itu, dokter dan perawat melayani dengan sangat baik selama ia dirawat. Untuk petugas administrasi juga sangat cepat melayani dan tidak ada perbadaan pelayanan yang ia dapatkan. Pelayanan yang Bilha dapatkan sama depan pasien lain yang membayar secara umum.

“Saya bersyukur sudah aktif sebagai Peserta JKN, sehingga kekhawatiran soal biaya pelayanan kesehatan sudah tidak ada lagi. Terbukti dengan operasi yang saya jalani semua biaya perawatan, mulai dari rawat inap, obat-obatan, sampai dengan Tindakan operasi juga dijamin oleh BPJS Kesehatan. Sehingga saya bisa fokus untuk penyembuhan sakit pada kaki tanpa harus memikirkan berapa biaya yang harus dibayarkan. Saya bisa bernafas lega dengan hadirnya program JKN ini karena sangat membantu sekali dalam hal biaya pengobatan,” ujar Bilha.

Bilha mengatakan saat ini ia sudah dapat berjalan dengan normal kembali dan beraktivitas seperti semula. Ia merasa sangat terbantu dengan Program JKN terhadap semua yang ia sudah alami. Ia berharap semoga program ini terus ada dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat serta terus meningkatkan pelayanan. Karena pastinya di luar sana banyak masyarakat yang membutuhkan Program JKN dengan prinsip gotong-royong ini.

“Mudah-mudahan ke depannya Program JKN selalu adan dan kartu saya tetap selalu aktif sehingga bisa digunakan untuk berobat kembali jika nanti tiba-tiba jatuh sakit. Semoga pelayanan yang baik, seperti yang saya dapatkan juga bisa dirasakan oleh masyarakat lain yang juga sebagai peserta JKN. Kami tidak perlu khawatir lagi akan memikirkan biaya jika membutuhkan pelayanan kesehatan karena semua telah tertanggung program jaminan kesehatan ini. Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap Program JKN ini yang sudah sangat baik menjadi semakin baik terus kedepannya,” tutup Bilha. (gt/si)

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *