Desy Menjalani Operasi Cesar Tanpa Ada Keluarkan Biaya Berkat JKN

Desy Debrianti Lede Djara peserta program JKN.
Desy Debrianti Lede Djara peserta program JKN.
banner 468x60

 

KUPANG, MEDIASINTT.COM – Banyak manfaat yang bisa di dapatkan ketika sesorang sudah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) seperti bagi ibu hamil yang dapat melakukan pemeriksaan kehamilan dan melakukan persalin menggunakan kartu JKN tanpa harus mengeluarkan biaya.

Read More
banner 300250

Apalagi momen yang ditunggu-tunggu oleh sorang ibu adalah kelahiran sang buah hati yang telah berada di dalam kandungan selama lebih kurang 9 bulan.

Maka tidak heran saat ini semakin banyak masyarakat yang mendaftar sebagai peserta JKN, karena mengingat program JKN ini memberikan banyak manfaat saat peserta membutuhkan pelayanan kesehatan yang prima.

Desy Debrianti Lede Djara (34) merupakan peserta JKN dari segmen peserta bukan penerima upah atau biasa disebut peserta mandiri merasakan manfaat dengan ikut program JKN.

Ia dan keluarga terdaftar sebagai peserta mandiri di kelas satu dan saat ini Desy memanfaatkan kartu JKN untuk persalinan melalui Operasi Cesar di salah satu rumah sakit di Kota Kupang.

Diakui kalau pelayanan petugas di rumah sakit kepada peserta JKN sangatlah baik, tidak ada perbedaan pelayanan yang dapatkan dengan pasien umum. Proses persalinan yang dilakukan berjalan dengan lancar dan tanpa ada biaya sepersenpun yang dibayarkan kepada rumah sakit.

“Saya bersyukur buah hati kedua kami lahir dengan selamat dan sehat. Operasi Cesar yang saya lalui berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Untuk perlayanan di rumah sakit sangat cepat dan tanggap, sehingga saya sangat senang dengan pelayanan tersebut. Untuk fasilitas pelayanan di rumah sakit juga sangat bersih sehingga saya nyaman untuk rawat inap di rumah sakit, Dokter dan petugas rumah sakit juga selalu siap jika kita membutuhkan sesuatu,” ujar Desy.

Ini pertama kalinya Desy melakukan persalinan melalui Operasi Cesar menggunakan kartu JKN. Awalnya ia sempat ragu dengan proses persalinan yang akan ia lakukan apakah semua bisa ditanggung biayanya oleh Program JKN. Ia takut jika persalinannya tidak ditanggung JKN maka biaya yang harus dibayarkan untuk Operasi Cesar sangatlah besar.

Apalagi ia membayangkan nanti untuk prosedurnya yang rumit, namun ternyata setelah ia lalui semua prosedurnya sangatlah mudah dan ia sama sekali tidak mengeluarkan biaya untuk proses persalinan ini.

Desy mengaku sangat kagum dengan pelayanan yang dirinya terima pada saat melahirkan melalui Operasi Cesar ini.

Bagi dia ini merupakan salah satu program yang sangat baik, program yang harusnya bisa di manfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Apalagi yang ia dapatkan proses admintrasi di rumh sakit tergolong sangatlah mudah.

Selain melahirkan melalui Operasi Cesar, Desy juga sudah beberapa kali menggunakan kartu JKN untuk berobat di puskesmas dan pelayanan yang dilakukan sama dengan pelayanan yang dilakukan di rumah sakit.

“Saya sangat bersyukur bisa terdaftar aktif sebagai peserta JKN. Iuran yang saya keluarkan setiap bulan itu sangatlah kecil jika dilihat dari manfaat yang sudah saya gunakan selama ini. Meskipun nanti saya belum menggunakan kartu JKN lagi, tapi saya akan tetap akan rutin membayarkan iurannya setiap bulan. Karena saya tau program JKN ini bersifat gotong royong, dimana peserta sehat yang rutin membayarkan iuran setiap bulan dapat membantu peserta sakit yang sedang membutuhkan biaya pelayanan kesehatan. Begitu juga ketika saya melahirkan kemaren, biaya juga dibantu oleh peserta lain yang rutin membayarkan iuran setiap bulan. Terimakasih kasih saya ucapakan kepada BPJS Kesehatan yang sudah sangat baik menyelenggarakan program JKN ini,” tutup Desy. (ig/ade)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *