Penderita Diabet Di Kupang Merasakan Manfaat Program JKN

Maria Tanesib (58) peserta JKN saat sedang menjalani perawatan di rumah sakit.
Maria Tanesib (58) peserta JKN saat sedang menjalani perawatan di rumah sakit.
banner 468x60

“Menggunakan Kartu JKN KIS sangat banyak membantu selama ini. Saya bisa fokus pada penyembuhan penyakit tanpa harus memikirkan berapa biaya yang harus dikeluarkan setiap kali harus mendapatkan pelayanan kesehatan,” terang Maria.

KUPANG, MEDIASINTT.COM – Para peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memiliki banyak harapan agar semua pelayanan kesehatan yang didapatkan sesuai dengan indikasi medis dan sesuai prosedur dapat ditanggung penuh oleh Program JKN seperti dialami Maria Tanesib (58).

Read More
banner 300250

Pernyataan tersebut sudah terlihat dengan banyaknya masyarakat yang saat ini menggunakan Program JKN untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Apalagi saat ini banyak sekali kemudahan yang di dapatkan oleh peserta JKN untuk berobat. Maka dengan itu kehadiran Program JKN sangat disyukuri oleh masyarakat.

Maria Tanesib (58) merupakan peserta JKN yang sedang menggunakan Program JKN untuk berobat. Selama ini, sudah sering sakali ia menggunakan kartu JKN yang dimilikinya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan baik itu di puskesmas maupun di rumah sakit.

Selama ini, ia merasakan begitu banyak manfaat dari program yang mulia ini. Berobat lebih mudah dan cepat itulah yang dirasakan oleh Maria ketika menggunakan kartu JKN. Tidak pernah ia merasakan kendala ketika menggunakan kartu JKN untuk mendapatkan pelayanan.

“Saat ini saya sedang menjalani rawat inap karena penyakit diabetes. Penyakit ini sudah sejak lama saya derita. Selama ini sudah lebih dari tiga tahun saya melayani rawat jalan dan rawat inap karena penyakit ini. Keluar masuk rumah sakit sudah sangat sering saya alami lebih dari 3 tahun kebelakang. Seperti rumah sakiadalah rumah ke dua bagi saya karena seringnymasuk rumah sakit. Mungkin juga faktor usia yang membuat saya sering keluar masuk rumah sakit,” ungkap Maria.

Selama menjalani perawatan rawat jalan maupun rawat inap, Maria selalu mendapatkan pelayanan yang sangat baik dan sangat memuaskan.

Dokter dan petugas di rumah sakit sudah melayani Maria seperti keluarga karena sudah beberapa kali masuk rumah sakit tersebut.

Dengan menggunakan kartu JKN, selama ini ia tidak pernah mengeluarkan biaya sepersepun untuk biaya di rumah sakit. Semua sudah ditanggung penuh oleh Program JKN ini.

“Meskipun saya terdaftar sebagai peserta yang dibayarkan iurannya oleh Pemerintah, tetapi pelayanan yang saya dapatkan sama dengan peserta lain yang berobat secara umum. Kita dilayani sama tanpa ada perbadaan. Dokter yang melakukan pemeriksaan pasien umum juga sama dengan dokter yang melakukan pemeriksaan kepada saya. Sehingga saya yakin menggunakan Kartu JKN KIS yang sudah sangat banyak membantu selama ini. Saya bisa fokus pada penyembuhan penyakit tanpa harus memikirkan berapa biaya yang harus dikeluarkan setiap kali harus mendapatkan pelayanan kesehatan,” terang Maria.

Maria juga pernah berobat rawat inap karena penyakit asam urat menggunakan Program JKN. Menurutnya sangat mudah dan membantu berobat menggunakan Program JKN, cukup menunjukkan identitas diri. Serta tidak ada biaya pelayanan yang harus dibayarkan secara umum dengan menggunakan Program JKN. Ia sangat bersyukur selama ini sudah terdaftar sebagai Peserta JKN untuk mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan secara gratis.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan yang sudah menyelenggaran Program JKN ini. Program ini benar-benar sangat membantu dalam semua biaya pelayanan kesehatan saya selama ini. Jika tidak menggunakan Program JKN, pasti banyak sekali biaya yang harus keluarga saya siapkan untuk pengobatan selama lebih dari 3 tahun ini. Saya berharap agar masyarakat yang belum terdaftar untuk segera mendaftar sebagai peserta JKN. Jangan menunggu sakit baru mendaftar tetapi mendaftarlah dulu sekarang agar ketika sakit kartu JKN sudah aktif,” tutup Maria menutup perbincangan. (gt/si/ade)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *