Program JKN Jadi Pilihan Yenny Ratih Dalam Membiayai Persalinan

Yenny Ratih
Yenny Ratih
banner 468x60

“Kartu JKN ini memberikan sejuta manfaat untuk peserta termasuk saya yang juga sudah merasakan manfaat tersebut. Intinya ketika saya menggunakan kartu JKN untuk berobat, saya selalu mengikuti sesuai dengan prosedur sehingga semua dijamin oleh JKN,” kata Yenny Ratih.

KUPANG MEDIASINTT.COM – Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang di amanahkan oleh Pemerintah untuk di selenggarakan oleh BPJS Kesehatan merupakan program yang sangat membantu masyarakat dalam kepastian jaminan kesehatan seperti yang dialami Yenny Ratih.

Read More
banner 300250

Program JKN menerapkan sistem gotong royong yang secara bahu membahu dilaksanakan oleh seluruh peserta sehingga meringankan biaya peserta yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Dimana peserta yang sakit dibantu oleh peserta yang sehat yang rutin membayarkan iuran setiap bulan. Tidak terkecuali juga dengan salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS), Yenny Ratih (30) di salah satu instansi Pemerintah di Kota Kupang. Ia membagikan pengalamannya melahirkan menggunakan JKN di sela-sela setelah proses melahirkan di rumah sakit.

Sebelumnya, ia baru saja melahirkan anak pertama dengan lancar menggunakan kartu JKN. Ketika melahirkan, ia dilayani dengan sangat baik oleh dokter dan petugas rumah sakit yang merawatnya. Pelayanan yang ia rasakan juga sangat memuaskan dan tidak ada masalah selama ini di rumah sakit.

“Menurut saya, sudah paling benar menggunakan kartu JKN ketika membutuhkan pelayanan kesehatan. Saya kebetulan baru saja selesai melahirkan, untuk pelayanan yang diberikan di rumah sakit sangat memuaskan. Dengan menggukan kartu JKN itu sangat memudahkan saya dalam administrasi dan pelayanan kesehatan. Untuk pengambilan obat juga sangat cepat sehingga saya merasa sangat terbantu menggunakan kartu JKN ini,” ungkap Yenny.

Selama kehamilan anak pertama ini, Yenny dengan rutin untuk melakukan kontrol di fasilitas kesehatan menggunakan kartu JKN miliknya. Selama ini, ia mengaku tidak pernah dikenakan biaya dalam melakukan pelayanan kesehatan tersebut. Semua biaya sudah ditanggung oleh JKN sehingga ia tenang menggunakannya untuk berobat. Jadi setiap ingin berkunjung ke fasilitas kesehatan, ia sangat senang tanpa harus mimikirkan biaya yang harus dibayar setelah berobat.

“Kartu JKN ini memberikan sejuta manfaat untuk peserta termasuk saya yang juga sudah merasakan manfaat tersebut. Intinya ketika saya menggunakan kartu JKN untuk berobat, saya selalu mengikuti sesuai dengan prosedur sehingga semua dijamin oleh JKN. Alur pelayanan JKN juga sangat mudah dan tidak berbelit-beli, yang penting pastikan kartu kita aktif. Ketika tiba-tiba membutuhkan pelayanan kesehatan kita sudah tenang untuk berobat tanpa harus memikirkan biaya yang harus dikeluarkan. Jangan sampai ketika sakit tetapi kartu tidak aktif sehingga akan mengganggu proses pelayanan baik di rumah sakit ataupun di puskesmas nantinya,” terang Yenny.

Selama ini, Yenny sudah cukup sering menggunakan kartu JKN sehingga dengan iuran yang dikeluarkan dari gaji. Dirinya sama sekali tidak merasa keberatan di potong setiap bulan, karena ia sangat paham bahwa Program JKN ini saling membantu, dimana peserta sehat yang rutin membayarkan iuran setiap bulan dapat membantu peserta sakit yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Ia juga selalu berharap tidak pernah sakit sehingga iuran yang dikeluarkan setiap bulan dapat menjadi amal yang membantu biaya rumah sakit peserta lain.

“Saya berharap Program JKN tetap terus berjalan dengan baik ke depannya, sehingga semakin banyak peserta yang terbantu dengan program ini. Bagi masyarakat yang belum terdaftar agar segera mendaftar menjadi peserta JKN. Kita tidak akan tau kapan sakit tetapi dengan terdaftar aktif sebagai peserta JKN, kita sudah tenang jika tiba-tiba sakit. Tidak lupa ia berterima kasih kepada Pemerintah dan BPJS Kesehatan yang selama ini sudah sangat baik menjalankan program yang mulia ini,” tutup Yenny. (gt/si/ade)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *