Penyedia TV Digital Jamin Tidak Terjadi Kelangkaan STB Di Pasaran

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kalimantan Timur, H.M Faisal
banner 468x60

“Kami berharap pelaksanaan migrasi TV Analog ke TV Digital ini segera dilakukan lauching karena sudah beberapa kali dilakukan penundaan,” kata H.M. Faisal.

Kupang, MEDIASINTT.Com – Penyedia TV Digital menjamin tidak terjadi kelangkaan Set Top Box pada saat dilakukan migrasi siaran TV Analog ke TV Digital yang dilakukan secara serentak pada November 2022 karena persediaan STB pada toko-toko online tersedia dalam jumlah yang banyak.

Read More
banner 300250

Demikian dikatakan Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika, Geryantika Kurnia dalam kegiatan bimbingan teknis “penggunaan penerapan perangkat TV Digital dan Set Top Box dalam menghadapi pelaksanaan ASO di Kalimantan Timur, seperti di pantau secara daring di Kupang, Kamis.

Ia mengatakan berdasarkan pemberitahuan dari penyedia TV Digital dan STB bahwa tidak terjadi kekurangan STB terutama pada toko-toko online yang selalu menyediakan STB dalam jumlah yang cukup banyak.

“Sesuai laporan dari pihak penyedia Set Top Box sudah tersedia pada tokoh-tokoh elektronik yang ada di seluruh Indoesia,” kata Geryantika Kurnia.

Dia berharap para Komisioner Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) untuk membantu melakukan pengecekan pada semua toko-toko elektronik yang ada di daerah tentang persediaan STB.

Geryantika Kurnia juga menambahkan data penerima bantuan STB yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial belum ada kesuaian karena masih ditemukan ada yang memiliki alamat tidak jelas, sehingga Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Dinas Kominfo seluruh Indonesia serta Dinas Sosial untuk melakukan validasi DTKS, sehingga distribusi STB dilakukan tepat sasaran.

“Ada 6,7 juta STB yang segera dibagikan secara gratis bagi masyarakat secara gratis. Ada 4,2 juta dari pihak swasta dan sisanya dibantu pemerintah,” tegas Geryantika Kurnia.

Ia berharap proses sosialisasi dilakukan berbagai pihak di daerah dalam kaitan migrasi siaran TV Analog ke TV Digital dilakukan dengan pola yang mudah dipahami masyarakat.

“Masyarakat harus diberikan secara jelas tentang proses migrasi siaran TV Digital tidak hanya suara dan gambarnya yang bersih tetapi juga harus diberikan pengetahuan tentang bagaimana cara memasang STB sekaligus menginstalnya,” kata Geryantika Kurnia.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kalimantan Timur, H.M Faisal berharap migrasi program TV Analog ke TV Digital segera dilauching setelah beberapa kali ditunda karena semua lembaga penyiaran di Provinsi Kalimantan Timur telah siap melaksanakan program TV Digital.

“Kami berharap pelaksanaan migrasi TV Analog ke TV Digital ini segera dilakukan lauching karena sudah beberapa kali dilakukan penundaan,” kata H.M. Faisal. (Gige)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.