Kemenkominfo: 70 Persen Warga Siap Migrasi Ke TV Digital

Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika, Geryantika Kurnia
banner 468x60

Kupang, MediasiNTT.Com – Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika, Geryantika Kurnia menegaskan sesuai hasil survey yang dilakukan Kementerian Kominfo menunjukan lebih dari 70 persen warga sudah siap migrasi dari TV analog ke TV Digital.

Hal itu disampaikan Geryantika Kurnia dalam kegiatan bimbingan teknis “penggunaan penerapan perangkat TV Digital dan Set Top Box dalam menghadapi pelaksanaan ASO di Kalimantan Timur, seperti di pantau secara daring di Kupang, Kamis.

Read More
banner 300250

“Hasil survey dilakukan Kemenkominfo yang telah dipublikasikan pada Maret 2022 lalu bahwa sudah lebih 70 masyarakat menginginkan migrasikan dari TV analog ke TV digital. Masyarakat sudah sangat antusias untuk pindah ke TV digital,” kata Geryantika Kurnia.

Bahkan menurutnya selain telah siap migrasi ke TV Digital masyarakat juga telah siap untuk membeli Set top Box secara mandiri yang harganya Rp150-Rp300 ribu/unit di pasaran.

Menurutnya, masyarakat tidak harus menunggu tanggal 2 November 2022 melakukan migrasi ke TV Digital saat pemerintah secara resmi menghentikan siaran TV Analog secara nasional, namun mulai dari saat ini untuk membeli STB secara mandiri.

“Kami mendorong agar masyarakat mulai membeli STB mulai dari sekarang, karena sesuai hasil survey bahwa 75 persen warga beralih ke TV Digital apabila siaran TV Analognya dihentikan lebih dahulu, kita tidak ingin terjadi saat siaran TV Analog dihentikan baru masyarakat berbondong-bondong membeli STB, sehingga berdampak pada persediaan STB menjadi kosong di pasaran,” kata Geryantika Kurnia.

Ia berharap sosialiasi terhadap rencana penghentian siaran TV Analog ke TV Digital terus dilakukan setiap pemerintah kabupaten/kota.

Keberhasilan program migrasi siaran TV Analog ke TV Digital menurut dia apabila signal TV Digital kuat dan merata seluruh Indonesia sehingga harus didukung kesiapan infrastruktur penyelengara multipleksing (MUX).

“Apabila ada sinyal maka dengan mudah menangkap siaran TV Digital. Kami mendorong agar penyelenggara MUX meningkatkan kemampuanya agar sinyalnya bisa merata seluruh Indonesia,” kata Geryantika Kurnia. (Gige)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published.