Pemkab Sumba Barat Kerjasama Bank NTT Dalam Transparansi Kelola Keuangan

ANDATANGAN MoU: Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade (kanan) dan Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho (kiri) menunjukkan dokumen yang sudah ditandatangani. Bertempat di kampung adat Prai Ijing, Senin (14/2/2022) yang disaksikan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat. (Foto Bank NTT Sumba Barat).
banner 468x60

“Kami memberi apresiasi yang tinggi kepada pemerintah kabupaten setempat yang sudah bermitra dengan Bank NTT. Sebagai pemegang saham, tentunya memiliki pertimbangan-pertimbangan terbaik sehingga kita berharap dengan adanya kesepakatan ini lebih mempermudah akses dalam mempercepat pembangunan,” kata Harry Alexander Riwu Kaho.

Waikabubak, MediasiNTT.Com – Pemerintah Kabupaten Sumba Barat mengambil langkah strategis dalam pengelolaan keuangan daerah yang efisien dan transparan dengan memanfaatkan sistem pelayanan jasa perbankan pada Bank NTT untuk mendukung pengelolaan keuangan daerah.

Read More
banner 300250

Bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat ditandai dengan penandatanganan dokumen Memorandum of Understanding antara Pemkab Sumba Barat dengan PT. Bank Pembangunan Daerah kantor cabang Waikabubak, Senin (14/2/2022) di kampung adat Prai Ijing Desa Tebarra, Kecamatan Kota Waikabubak Kabupaten Sumba Barat.

Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade dan Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho bertindak atas nama kedua lembaga, disaksikan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, menandatangani MoU tersebut.

Penandatangan MOU ini adalah bentuk kerjasama Pemda Sumba Barat dan Bank NTT dengan memanfaatkan sistem pelayanan jasa perbankan yang tersedia pada Bank NTT untuk mendukung pengelolaan keuangan Pemerintah kabupaten Sumba Barat yang efektif dan efisien.

Adapun tujuan pelaksanaan Kesepakatan Bersama ini adalah landasan dalam melaksanankan kerjasama yang saling menguntungkan dalam rangka penyediaan layanan perbankan untuk pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Sumba Barat pada PT. Bank Pembangunan Daerah nusa Tenggara timur Cabang Waikabubak dengan sejumlah ruang lingkup.

Kerjasama yang dilakukan meliputi sistem pelayanan rekening Kas Umum Daerah Kabupaten Sumba Barat¸ penerapan sistem pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah secara online melalui kanal sistem pembayaran Bank NTT.

Tak hanya itu melainkan hal jenis layanan lain yang dikerjasamakan seperti layanan Cash Management System (CMS), layanan SP2D Online serta pinjaman daerah untuk pembangunan derah setempat.

Untuk jenis layanan ini, sejumlah kabupaten sudah serius bekerjasama dengan Bank NTT, mengajukan pinjaman daerah untuk pembangunan infrastruktur berupa sarana dan prasana transportasi, serta irigasi dan sebagainya.

Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten setempat yang sudah memilih Bank NTT sebagai mitra dalam sejumlah perjanjian tersebut.

“Kami memberi apresiasi yang tinggi kepada pemerintah kabupaten setempat yang sudah bermitra dengan Bank NTT. Sebagai pemegang saham, tentunya memiliki pertimbangan-pertimbangan terbaik sehingga kita berharap dengan adanya kesepakatan ini lebih mempermudah akses dalam mempercepat pembangunan,” kata Harry Alexander Riwu Kaho.

Diakui, transformasi digital menuntut siapapun untuk harus segera bersikap. Apalagi, dalam layanan keuangan pemerintahan, dibutuhkan sistem yang mampu menginput secara transparan sehingga Bank NTT melakukan inovasi dengan menghadirkan layanan-layanan yang terbaik dari sisi digital.

“Terbukti dengan jenis layanan secara digital ini, manajemen keuangannya lebih transparan dan meniadakan kebocoran anggaran di beberapa tahapan sehingga dengan sendirinya menaikkan PAD daerah setempat,”demikian Alex di sebuah kesempatan. (*/eyn)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *